spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
TIMUR TENGAH
spacer
 
Raja Abdullah II Copot Gelar Putra Mahkota Saudara Tirinya

Amman, 29 November 2004 03:46
Raja Abdullah II, Minggu, mencopot gelar putra mahkota saudara tirinya, Pangeran Hamzeh al-Hussein (24), dalam sepucuk surat yang dibacakan di televisi Yordania.

Raja Abdullah, dalam surat tersebut, mengatakan bahwa keputusan mengejutkan itu diambil agar saudaranya itu bisa "lebih bebas memegang jabatan-jabatan lain. Sesuatu yang tidak mungkin dilakukannya sebagai putra mahkota".

"Saya memilih anda lima tahun lalu menjadi putra mahkota, di antara saudara-saudara saya yang lain yang lebih tua daripada anda," kata Raja Abdullah.

Ia menekankan bahwa kedudukan itu lebih bersifat gelar kehormatan ketimbang jabatan kekuasaan.

"Saya menyadari bahwa kedudukan ini membatasi kebebasan anda," kata raja Yordania itu dalam suratnya kepada Pangeran Hamzeh, putra almarhum Raja Hussein dan istri keempatnya, Ratu Nour, seorang Amerika.

"Ayah kita, almarhum Raja Hussein, menekankan kepada saya sebelum kematiannya bahwa gelar putra mahkota seharusnya tetap menjadi gelar kehormatan dan ini adalah apa yang telah kita lakukan selama lima tahun ini," kata Raja Abdullah.

Surat itu mengatakan, "Negara memerlukan upaya masing-masing dari kita dalam keadaan sulit yang sedang dialami kawasan ini, termasuk Yordania, kami telah memutuskan membebaskan anda dari kedudukan putra mahkota ini." Raja Abdullah tidak mengatakan kepada siapa gelar itu akan diberikan namun menekankan, pos putra mahkota itu akan tetap menjadi prioritasnya.

Pangeran Hamzeh diangkat sebagai putra mahkota pada 7 Februari 1999 dalam dekrit pertama yang dikeluarkan Raja Abdullah. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer