spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
KALIMANTAN
spacer
 
Pilot Garuda Masih Daratkan Pesawat Jelang Meninggal

Pontianak, 22 November 2004 15:30
Kapten Pilot Sri Hardono, Senin pagi minum lima butir obat sebelum menerbangan pesawat GA 501 Garuda, kemudian mendaratkan kembali ke Bandara Supadio, Pontianak, dengan selamat sebelum meninggal.

Boeing 737-200 GA 501, rute Pontianak-Jakarta kembali ke Bandara Supadio, Senin setelah 12 menit tinggal landas pukul 08.36 WIB.

Pesawat tsb, sebelumnya, juga dipiloti Sri Hardono, tiba di Bandara Supadio sesuai jadwal penerbangan paling pagi Garuda rute Jakarta-Pontianak.

Namun, sebelum kembali ke Jakarta dengan membawa 103 penumpang, pesawat tsb kembali ke Bandara Supadio setelah 12 menit mengudara dan kemudian diketahui Pilot Sri Hardono meninggal di ujung landasan. Ihwal minum obat, satu di antaranya obat sakit jantung, menjelang tinggal landas menuju Jakarta dikemukakan Kapoltabes Pontianak Kombes Pol Affan Richwanto, setelah kepolisian memeriksa empat saksi terdiri dari kepala kabin, pramugari dan dua dokter (penumpang pesawat).

Dari pemeriksaan saksi-saksi, diperoleh keterangan, ketika sudah mengangkasa, pilot sesak nafas dan mulutnya berbusa, kata Affan yang pihaknya hingga Senin tengah hari berencana mengotopsi jenazah Sri Hardono di Pontianak.

Sedangkan mengenai pilot yang berhasil membawa kembali pesawat Boieng 737-200 berpenumpang 103 orang itu dikemukakan Kepala Cabang PT Garuda Pontianak, Benny Gomar kepada wartawan.

Pilot (kini, almarhum), katanya, batuk-batuk sebelum berangkat, kemudian setelah beberapa menit terbang menuju Jakarta, kepada petugas menara pengawas di Bandara Supadio memberitahukan sakit dan minta balik arah ke Pontinak.

Kopilot Ucok (menurut Manager Operasi PT Gapura Angkasa, Den Bowo, Kopilot bernama Aditya Barlianto), kata Benny, mendampingi pilot yang berhasil membawa pesawat hingga ujung landasan Supadio dan sempat mematikan mesin.

Menurut Benny, sebelum dibawa ke Rumah Sakit Santo Antonius, Pontianak, Sri Hardono dari Bandara Supadio sempat dibawa ke RS AURI di dekat Bandara Supadio dan di rumah sakit itu sudah dinyatakan meninggal.

Jenazah Sri Hardono, berusia sekitar 50 tahun, sampai pukul 14.00 WIB masih berada di lemari pendingin RS Santo Antonius dan petugas mesih menunggu peti jenazah sebelum membawa ke Bandar Supadio menuju Jakarta.

Almarhum, kata Bowo, termasuk salah seorang pilot senior di Maskapai Penerbangan Garuda, dan bersama keluarga berdomisili di Jakarta.

Staf PT Gapura Angkasa, Iskandar mengatakan, jenazah akan dibawa ke Bandara Supadio setelah peti datang. "Berdasarkan informasi kantor pusat Garuda pusat," katanya, "otopsi akan dilakukan di Jakarta." Mengenai hal tsb, kepolisian di Pontianak mengatakan, karena lokasi kasus berada di wilayah Poltabes Pontianak, maka otopsi di Jakarta harus menyertakan personel Reskrim Poltabes Pontianak. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Garuda? siap yg nggak tahu.... (simpati@ho..., 21/12/2004 16:55)
Buat kelaurag yang ditinggalkan saya ikut berduka cita yang sangt dalam...semoga arwah beliau diterima disisinya....
YTh...Garuda Indonesian Airways....
Mohon kalau bisa untuk penyaringan test baik pilot, pramugari...dll agar yg bener2 test...jng asal test kayak org cari SIM...yg penting ada uang bisa lulus.....
malu kita kalau dengar penumpang naik pesawat GARUDA yg di banggakan with not good service.....pramugari yg bhsnya belepotan, acuh terhadap keperluan penumpang dll
 
 
spacer
  
  Keselamatan Penumpang terancam (tuyulcool04@ya..., 25/11/2004 11:16)
ini salah satu bukti bhw penerbangan kita memiliki masalah yg tersembunyi dan serius terkait personilnya. Timbul pertanyaan Bgmn sistem cek kesehatannya? apa ada kongkalikong saat cek kesehatan? yg jelas2 org kena jantung tdk boleh terbang dan akan menggangu penghasilannya..! krn terdengar kabar pilot yg sakit akan di grounded dan berarti hilang peluang mengais riski. Yg jd persoalan besar adalah bgmn ketidakberesan managemen personil pilot tdk mengancam keselamatan para penumpang yg tdk berdo... <36 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Pilot yang berdedikasi (tinkerbell5916@ya..., 25/11/2004 04:30)
Apapun sakit yang diderita oleh sang pilot, saya koq merasa salut sekali dengan almarhum, pastilah beliau memaksakan diri supaya bagaimanapun bisa mendaratkan pesawat agar penumpangnya selamat. Kepada keluarga yang ditinggalkan, saya turut berduka cita.

Kepada perusahaan penerbangan yang bersangkutan, sebaiknya meng up grade standard kesehatan awak pesawat yang masih bertugas, jangan mengabaikan keamanan, baik penumpang maupun awaknya sendiri. Terima kasih.
 
 
spacer
  
  Nyawa penumpang ditangan Pilot (antika66@ao..., 24/11/2004 10:38)
Garuda seharusnya mengadakan test kesehatan setahun dua kali, untuk Pilot senior yg baru maupun co Pilot.
Kesehatan yg prima adalah jantung Pilot itu sendiri... dan nyawa penumpang ada ditangan Pilot.
Garuda harus sungguh sungguh dalam memberikan service yg baik kepada penumpangnya.
Pilot yg sehat, pramugari yg cekatan, juga pesawatnya itu sendiri harus dalam kondisi yg sangat baik.
Semoga ini menjadi pelajaran untuk Garuda, selalu cek recek dgn kondisi pegawainya.
 
 
spacer
  
  Kondisi Kesehatan Pilot harus menjadi perhatian PT Garuda (sriss@ea..., 23/11/2004 08:07)
Prihatin dan ikut belasungkawa untuk PT Garuda dan khususnya untuk keluarga Pilot Sri Hardono yang meninggal di dalam menjalankan tugasnya.
Dengan meninggalknya Pilot Sri Hardono, hendaknya menjadi pengalaman untuk PT Garuda lain kali harus benar-benar diperhatikan kesehatan seorang Pilot yang akan menerbangkan pesawat, lebih baik ditunda penerbangannya dari pada harus menanggung risiko tinggi , tidak hanya bagi Pilot, co-Pilot dan awak pesawat tetapi juga bagi seluruh penumpang.

Apalagi, ... <342 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer