spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AFRIKA
spacer
 
15 Presiden Afrika Janjikan Perdamaian

Dar Es Salaam, 20 November 2004 18:48
Sebanyak 15 presiden Afrika dan Sekjen PBB Kofi Annan Sabtu menandatangani deklarasi bersama yang menjanjikan untuk meningkatkan perdamaian dan keamanan di kawasan Danau Raya (Great Lakes) yang mudah bergolak di benua itu.

Deklarasi yang menyerukan perubahan wilayah itu menjadi kawasan "pembangunan dan pertumbuhan bersama, stabilitas sosial dan politik, keamanan dan perdamaian yang berkelanjutan" itu ditandatangani pada konferensi penting di Dar Es Salaam, ibukota Tanzania.

Penandatangannya adalah 14 presiden dari kawasan Danau Raya, dan juga Annan serta Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo yang hadir dalam kapasitasnya sebagai pemimpin Uni Afrika.

Pada Jumat, hari pertama konferensi, Annan meminta para presiden itu untuk memperluas deklarasi tersebut hingga sebuah perjanjian damai global dicapai untuk Danau Raya.

Kawasan itu khususnya mencakup Republik Demokratik Congo (DRC), yang hampir tidak mengenai perdamaian dan stabilitas sejak kemerdekaannya pada 1960, Rwanda; yang pembasmian etniknya 1994 menimbulkan akibat yang masih terasakan hingga hari ini; Burundi, yang sedang berjuang untuk muncul dari 11 tahun konflik saudara; dan Uganda, yang wilayah utaranya porak-poranda akibat konflik pemberontak sejak pertengahan 1980-an.

Menghadiri konferensi itu, presiden negara tersebut (DRC, Rwanda, Burundi dan Uganda) dan juga (presiden) Afrika Selatan, Republik Kongo, Uganda, Republik Afrika Tengah, Kenya, Malawi, Mozambik, Sudan, Zimbabwe, Zambia dan Tanzania.

Konferensi lainnya para pemimpin Danau Raya dijadwalkan diadakan pada Juni tahun depan untuk melihat bagaimana deklarasi Sabtu itu dapat dilaksanakan dan untuk meletakkan dasar bagi perjanjian yang lebih kuat di antara negara-negara di kawasan itu.

Pertemuan puncak Dar Es Salaam itu akan ditutup Sabtu ini.[EL, Ant]
===
Pendaftaran Pilpres Palestina Dimulai


Category: Internasional

Update: Nov 20, 2004 18:27 Jakarta time

Ramallah, Tepi Barat, 20/11 (ANTARA/AFP) - Masa 12 hari bagi para calon untuk mendaftarkan diri dalam pemilihan presiden (pilpres) Palestina Januari, dibuka Sabtu, demikian diumumkan komisi pemilihan pusat.

Para calon harus menandatangani (formulir mendaftaran) untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden guna mengangkat pengganti Yasser Arafat itu di kantor utama komisi di Ramallah, Kota Gaza atau salah satu dari kantor regional yang ditandai di Tepi Barat.

Formulir lamaran tersedia di kantor atau di internet.

Semua pesaing harus telah berusia 35 tahun atau lebih, mereka terdaftar untuk memilih dan dapat membayar dulu 3.000 dolar AS.

Calon independen mendapat rintangan tambahan karena harus mengumpulkan sedikitnya 5.000 tandatangan.

Para calon yang bekerja untuk pemerintah Otonomi Palestina dan pemerintah lokal serta organisasi internasional juga harus berhenti dari pekerjaan mereka untuk mengikuti pemilihan itu, yang dijadwalkan pada 9 Januari.

Menteri perundingan Palestina Saeb Erakat mengatakan bahwa ia siap membahas pengaturan keamanan pemilihan dengan Israel sebagai upaya untuk menerapkan perjanjian yang sama yang kedua belah pihak tandatangani sebelum pemilihan presiden 1996.

"Kami siap bertemu dengan pihak Israel untuk melaksanakan mekanisme dan persiapan keamanan pada pemilihan yang akan datang yang kami setujui pada 1995." Ia juga meminta pengawas internasional untuk mengawasi pemilihan itu agar dapat "menjamin pemilihan yang bebas bagi rakyat Palestina di Tepi Barat, Jerusalen Timur dan Jalur Gaza". [EL, Ant]
===
Gabel Usulkan Penghapusan PPN-BM TV Sampai 34 Inci


Category: Ekonomi & Keuangan

Update: Nov 20, 2004 19:11 Jakarta time

Jakarta, 20/11 (ANTARA) - Gabungan Elektronik Indonesia (Gabel) mengusulkan agar pemerintah menghapuskan pajak penjualan barang mewah (PPn-BM) televisi sampai ukuran 34 inci.

"PPn-BM TV sebaiknya dihapuskan sampai ukuran 34 inci, karena sampai ukuran tersebut sebenarnya sudah bisa diproduksi di dalam negeri," ujar Ketua Gabel, Rachmat Gobel, di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut dikemukakan menanggapi pertanyaan kalangan produsen mengenai rencana pemerintah cq Menteri Perindustrian yang memasukkan masalah revisi PPn-BM sejumlah produk dalam program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu.

Menurut Rachmat yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri, Teknologi, dan Kelautan, penghapusan PPn-BM televisi (tv) sampai ukuran 34 inci tersebut akan mendorong masuknya investasi lebih besar di sektor elektronik.

Apalagi jika mengingat hampir semua para pemain elektronik dunia sebenarnya sudah menanamkan investasinya di Indonesia, sehingga, katanya, pemerintah tinggal membuat kebijakan yang lebih menarik untuk mereka menanamkan investasi lebih besar lagi, salah satunya melalui stimulus pajak seperti penghapusan PPn-BM TV.

"Produsen elektronik yang sudah ada di dalam negeri bisa memproduksi TV setidaknya sampai 34 inci karena teknologinya sudah dikuasai di sini," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan penghapusan PPn-BM tersebut, maka industri elektronik akan bergairah memproduksi televisi tersebut di dalam negeri.

Selama ini, katanya, mereka enggan memproduksi televisi ukuran besar karena kebanyakan barang selundupan justru terjadi pada televisi ukuran besar, sehingga televisi ukuran besar di dalam negeri pun harganya hampir sama dengan ukuran yang lebih kecil seperti harga TV 21 inci dan 29 inci bedanya tipis.

"Penghapusan PPn-BM juga akan semakin mengurangi masuknya barang selundupan karena perbedaan harga (barang selundupan dan tidak) semakin kecil, dan bila akhirnya produsen memproduksi di dalam negeri maka harganya akan lebih bersaing lagi," katanya.

Menanggapi pertanyaan usulan produsen elektronik dan salah satu anggota Klub Pemasar Elektronik (EMC) yang lebih mengusulkan agar pemerintah merevisi kembali definisi barang mewah terkait penerapan PPn-BM TV -- tidak berdasarkan ukuran seperti yang selama ini dilakukan -- Rachmat menilai sebaiknya tidak hanya direvisi, tapi PPn-BM TV dihapuskan sampai ukuran 34 inci atau yang sudah bisa diproduksi di Indonesia. "Saya yakin bila PPn-BM (TV) dihapuskan, maka produsen elektronik yang sudah ada di dalam negeri akan menambah investasinya bisa dua sampai tiga kali lipat, sehingga Indonesia bisa menjadi basis produksi TV, apalagi Indonesia merupakan pasar TV yang besar khususnya di kawasan ASEAN," katanya.

Berdasarkan target yang dilansir EMC (Klub Pemasar Barang Elektronik di Indonesi), penjualan TV pada 2004 diproyeksikan mencapai 3,1 sampai 3,3 juta unit dan pada periode Januari-Agustus 2004 sudah mencapai sekitar 2,6 juta unit. [EL, Ant]
===
Sondakh: Budaya di Sekitar Borobudur Ada Kesedihan


Category: Nasional

Update: Nov 20, 2004 19:17 Jakarta time

Borobudur, 20/11 (ANTARA) - Puteri Indonesia 2001, Angelina Patricia Pingkan Sondakh menilai saat ini terjadi kesedihan budaya dalam kehidupan masyarakat di sekitar Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

"Budaya di sekitar Borobudur ada kesedihan," katanya di Borobudur Jumat (19/11) malam, saat berdialog dengan komunitas Borobudur di "Warung Info Jagad Cleguk" milik warga Borobudur Sucoro yang selama ini menjadi wadah pertemuan, mereka untuk membahas berbagai persoalan hidup mereka di sekitar candi Budha terbesar di dunia yang menjadi salah satu di antara tujuh keajaiban dunia itu.

Angelina yang juga anggota Komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan, pariwisata, seni, budaya dan olahraga itu mengatakan, masyarakat sekitar Candi Borobudur kini tidak bisa lagi menikmati peninggalan budaya itu lebih dekat setelah sekitar 20 tahun lalu tergusur dari tempat tinggalnya di sekitar Borobudur.

Pengelolaan Candi Borobudur, katanya, harus memberikan manfaat yang dapat dirasakan terutama oleh masyarakat setempat.

Namun peranan pemerintah sebagai fasilitator berbagai stake holders juga harus dipahami.

Selama ini, katanya, Yogyakarta lebih agresif melakukan promosi Borobudur sehingga mereka lebih banyak mendapatkan multiplayer effect dari pengembangan pariwisata Candi Borobudur yang dibangun abad ke-8 masa Dinasti Syailendra itu seperti perhotelan dan restoran.

Ia menjelaskan, upaya konservasi Borobudur jangan sampai mengakibatkan tenggelamnya nilai budaya masyarakat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kata Angelina dari Partai Demokrat itu, telah menyatakan bahwa budaya harus menjadi aset Indonesia.

Menteri Pariwisata Seni dan Budaya Jero Wacik, katanya, juga telah mengatakan bahwa pada masa mendatang harus ada obyek wisata andalan selain Bali.

Berbagai isu Borobudur, katanya, harus mendapatkan perhatian khusus berbagai pihak.

"Kita dorong Borobudur yang sudah dikenal, masyarakat harus bisa disenangkan, masyarakat kini tidak terlalu bodoh untuk menilai kebijakan pemerintah apalagi hanya dengan rupiah," katanya.

Pada kesempatan dialog itu dirinya mendapatkan berbagai "masukan" tentang kondisi kehidupan masyarakat dan kepariwisataan Borobudur dari berbagai pelaku wisata dan masyarakat setempat.

Ia mengatakan, masalah Borobudur bukan saja menjadi perhatian lokal tetapi nasional.

"Saya ingin Borobudur tidak saja menjadi sumber pendapatan Jawa Tengah tetapi juga Indonesia, maka perlu solusi agar pembangunan tidak menenggelamkan aspek lain seperti sosial dan budaya, maka perlu ada win-win solution masyarakat senang dan pemerintah tidak melanggar konservasi karena Borobudur aset dunia. Apa yang dilaksanakan pemerintah harus berdampak pada rakyat, harus sejalan dengan rakyat," katanya.

Pengelolaan Borobudur harus bisa menjadi standar wisata internasional, kata Angelina Sondakh.

Jack Priyono, Koordinator Jaringan Kerja (Jaker) Kepariwisataan Borobudur mengatakan, Candi Borobudur telah menjadi "magnet" tetapi selama ini dieksploitasi untuk pendapatan Jakarta.

Masyarakat setempat, katanya, hanya menjadi "pengasong".

Pemahaman kepariwisataan masyarakat Borobudur relatif minim.

"Pariwisata bagi grass root masih sebatas ngasong, masyarakat harus memahami, merasakan dan menjiwai Borobudur, penyentuhan kepariwisataan lebih diutamakan," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer