spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Dien Syamsuddin Tolak Pimpin PAN

Bandar Lampung, 11 Desember 2004 21:24
Wakil Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Prof Dr Dien Syamsuddin menyatakan dirinya menolak untuk terjun dalam dunia politik praktis dan tidak bersedia memimpin Partai Amanat Nasional (PAN).

"Dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf tidak bersedia terlibat di politik praktis apalagi menjadi ketua PAN," kata Dien saat berceramah pada Muktamar ke-14 Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) di Bandar Lampung, Sabtu.

Menurut mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu, politik kepartaian adalah baik namun yang tidak kalah baik dan pentingnya adalah gerakan politik kultural, seperti terus dijalankan oleh Muhammadiyah.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang terlambat datang ke lokasi acara sekitar 1,5 jam--ceramah dimulai pukul 15.00 WIB, akibat pesawatnya tertunda--menyatakan tidak alergi terhadap politik kepartaian karena dapat pula menjadi jalan mencapai kemaslahatan bila dilakukan dengan `bil hikmah`.

Demikian pula kalau kalangan angkatan muda Muhammadiyah mau berniat membentuk partai alternatif--selain PAN--Dien menegaskan tidak ingin ikut apalagi menjadi ketuanya, kecuali mungkin menjadi konsultan.

"Jadi kita bisa saling berbagi peran," kata Dien yang berbicara hanya satu jam dalam muktamar yang mengambil tema "Menguatkan Jaringan, Mengembangkan Pergerakan, Menuju Gerakan Transformatif" dihadiri sekitar 750 kader IRM se-Indonesia itu.

Menurut Dien, melalui gerakan politik kultural, Muhammadiyah harus mampu mengangkat kembali wibawa politik yang pernah ditunjukkan para pendahulunya tanpa harus terjun ke dalam politik kepartaian.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Syafi`i Ma`arif memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada Dien Syamsuddin untuk menentukan pilihannya apakah masuk di politik praktis dalam Partai Amanat Nasional (PAN) atau tetap berada di Muhammadiyah.

"Kami akan memberikan kebebasan itu kepada Dien Syamsuddin, silahkan memilihnya," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafi`i Ma`arif usai menghadiri pembukaan Muktamar ke 10 Nasyiatul Aisyiyah di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Kamis (9/12) lalu.

Pernyataan itu diungkapkan terkait komentar Ketua Umum DPP PAN Amien Rais yang cenderung memilih Dien Syamsuddin menggantikannya sebagai ketua umum DPP PAN.

"Kalau memang Dien Syamsuddin dipilih secara bersih dan jujur dalam pemilihan yang terbuka, silakan saja, tetapi tanyakan dulu kepada yang bersangkutan, apakah dia bersedia atau tidak," ujar Amien.

Menurut dia, kalau nanti Dien terpilih sebagai ketua umum DPP PAN, semua konsekuensi yang mengikutinya akan diatur setelah itu.

Hingga saat ini, Dien masih duduk sebagai salah satu Ketua PP Muhammadiyah dan jabatan itu baru akan berakhir Juli 2005 dengan digelarnya Muktamar Muhammadiyah di Malang.

Wacana yang berkembang juga menyebut-nyebut Dien Syamsuddin banyak dijagokan untuk duduk sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah menggantikan Syafi`i Ma`arif yang sudah tidak bersedia lagi dipilih. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  krisis pimpinan (wwwqahtanirecbur@ma..., 16/12/2004 18:46)
muhammadiyah dengan has nya tidak suka memuja seseorang mensucikan aqidah menjauhkan diri dari ( الغلو - ولا تغلو في دينكم ) dari itu maka tak banyak yang ingin jadi pimpinan , makanya susah mencari orang yang di nomor satukan .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer