spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Ketua MA Ajak Hakim jadi Orang Terhormat

Bengkulu, 11 Desember 2004 17:18
Ketua Mahkamah Agung (MA), Bagir Manan, mengajak para hakim dan "warga" Pengadilan yang selama ini menggerogoti citra institusi tersebut dengan tingkah laku tak terpuji untuk kembali menjadi orang terhormat.

"Saya minta seluruh `warga` Pengadilan yang selama ini mengerogoti citra Pengadilan agar kembali ke jalan orang yang terhormat, orang yang memiliki rasa malu dan senantiasa takut dipermalukan," kata Bagir Manan, dalam sambutan tertulis dalam Rakerda antara MA dengan institusi Pengadilan se-Provinsi yang dibacakan hakim agung Imam Subekti, di Bengkulu, Sabtu.

Sedang warga Pengadilan yang selama ini sudah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab agar tetap menjaga sikap tersebut, bahkan dituntut lebih giat guna meraih harapan bersama yakni meningkatkan kinerja Pengadilan dan mengumandangkan "era moderenisasi Pengadilan".

"Berbagai macam harapan itu dapat diwujudkan kalau ada sikap tanggung jawab dari seluruh warga Pengadilan, tanpa sikap tanggung jawab harapan itu hanya akan jadi khayalan belaka," ujarnya.

Tuntuan terhadap Pengadilan kini makin keras menyusul diberlakukannya sistem satu atap, yakni semua yang berkaitan pengelolaan pengadilan dan pembinaan serta pengawasan hakim ditangani oleh Mahkamah Agung (MA).

Untuk itu, maka perlu disusun pedoman pengelolaan pengadilan yang disesuaikan tuntutan yang semakin keras terhadap kinerja dari institusi tersebut.

Melalui penyususnan pedoman pengelolaan tersebut, diharapkan dapat menjamin produktivitas, efisiensi, efektivitas dan mutu kerja Pengadilan.

Namun, lanjut dia, penyususnan pedoman pengelolaan itu bukan satu-satunya instrumen moderisasi pengadilan tapi ada faktor lain yakni sarana dan prasarana, SDM berkualitas, serta komponen pendukung lainnya.

Hakim agung, Imam Subekti, ditemu disela-sela Rakerda mengatakan, dalam Rakerda tersebut akan dibicarakan masalah organisasi yang meliput 3M (money, material dan management) Pengadilan terkait dengan sistem satu atap dalam penanganan dan pengelolaan Pengadilan tersebut. Ia juga berharap, dengan adanya sistem satu atap dapat pembinaan dan pengelolaan terhadap Pengadilan akan lebih baik dari sebelumnya.

Terkait tunggakan perkara di MA, ia mengaku, saat ini ada sekitar 5.000 perkara, dan itu memang sudah ada sejak dulu.

Mengenai tenaga hakim, menurutnya, secara bertahap akan terus ditambah melalu penerimaan calon hakim yang rencananya akan diadakan setiap tahun. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer