spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Amien Rais Minta Maaf pada PKB

Semarang, 11 Desember 2004 17:14
Ketua Umum DPP PAN Prof Dr HM Amien Rais di hadapan ratusan orang dan puluhan wartawan dari pelbagai media cetak dan elektronik menyatakan permintaan maaf secara terbuka atas pernyataannya yang dianggap PKB melecehkan Dewan Syuro PKB, menyusul adanya somasi dari partai tersebut yang dialamatkan kepada dirinya.

"Saya terima kasih menerima surat teguran itu, dan lewat pertemuan ini dengan rekan wartawan media cetak dan elektronik, saya minta maaf kepada saudara-saudara PKB, kalau analogi saya dengan Gus Dur itu dianggap sangat merugikan," katanya usai menghadiri acara halal bi halal yang diselenggarakan DPW PAN Jawa tengah di Gedung Korpri Semarang, Sabtu.

Seperti yang diwartakan, PKB menyampaikan somasi terhadap Amien Rais terkait pernyataannya yang intinya dia tidak besedia menjadi Majelis Pertimbangan Partai karena tidak ingin mempengaruhi partai seperti yang dilakukan Gus Dur dengan Dewan Syuronya di PKB. Amien juga menyebutkan, Gus Dur masih berpengaruh di PKB sehingga menyulitkan Pmpinan Dewan Tanfidz PKB.

Amien sendiri tidak membantah ucapannya itu. Bagi dirinya ketika dimintai klarifikasi terkait dengan pernyataannya itu, sudah menyampaikan permintaan maaf. "Saya sekali lagi minta maaf, karena manusia terkadang bisa berbuat keliru, mudah-mudahan persahabatan saya dengan PKB tidak akan terkurangi apalagi sampai terlukai karena ini," katanya.

Pada pertemuan itu, Amien juga menegaskan kembali bahwa dirinya akan mundur sebagai Ketua Umum PAN pada Kongres ke-2 PAN di Semarang, awal Februari 2004. "Insya Allah saya akan mundur sebagai Ketua Umum PAN, dengan harapan yang tulus saudara-daudaraku yang lebih muda mengambil alih kepemimpinan secara ikhlas, bertanggung jawab dan dengan selalu mengharap ridha Allah SWT," katanya.

"Apakah sudah menyiapkan calon Ketua Umum," tanya wartawan, ia menegaskan, "Saya tidak pernah punya putra mahkota atau anak emas, biarkanlah 40-60 tokoh-tokoh muda PAN ini mewakili berbagai daerah untuk menentukan siapa di antara mereka yang lebih menonjol, dan itu akan menjadi Ketua Umum secara kolektif didukung bersama-sama." Dari sekian puluh kader muda itu yang masuk kriteria versinya ada enam orang. Namun mantan Calon Presiden RI dari PAN itu tidak mau menyebutkan nama kader yang dimaksud itu dengan alasan akan berpengaruh pada bursa pemilihan Ketua Umum nanti.

"Namanya akan segera diketahui, karena saya persilakan untuk maju dan kampanye. Dan diharapkan, kelak bila terpilih menjadi ketua umum, tidak ada yang menentangnya," katanya yang didampingi Ketua DPW PAN Jateng, Drs H. Munawar Sholeh dan Sekretaris DPW PAN Jateng Ir Taufik Kurniawan, MM.

"Apakah tidak khawatir PAN akan kehilangan auranya kalau Pak Amien tak pimpin kembali PAN," desak wartawan, yang dijawabnya, insya Allah PAN tidak akan kehilangan aura atau ruh.

"Tetapi memang ada yang mengatakan aura atau rohnya PAN ini akan susut kalau saya tidak jadi Ketua Umum. Ini publik opini yang sering saya dengar, tapi akan saya buktikan, mudah-mudahan itu tidak semuanya benar. Saya katakan mungkin pada minggu-minggu pertama , saya bukan ketua umum lagi terjadi goncangan psikologis tapi setelah bulan kedua ketiga akan berjalan lancar," katanya.

Menurut dia, itu adalah watak manusia ketika pemimpin itu turun ada perasaan kehilangan, tetapi akan selalu muncul pemimpin baru, yang diharapkan akan lebih mampu atau sama mampu. Soal warga Muhammadiyah akan mendirikan Partai Amanat Sejahtera, Amien yang pernah sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah menyambut gembira kehadiran partai baru tersebut.

"Saya sambut dengan gembira, jangan berhenti karena di dunia ini berlaku sunnatullah. Siapa yang bermanfaat akan terus dipilih dan sebaliknya tidak bermanfaat akan tentunya akan gulung tikar. Saya tidak khawatir massa akan berkurang sepanjang PAN ini bermanfaat," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
terkait, $ID); ?>
 
spacer spacer  
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Pak Amien is the BEST (mizzyr02@ya..., 23/12/2004 22:19)
Pak Amien is still the best. Ga ragu minta maaf atau pun memaafkan. Orang baik memang banyak yg benci disini. Sabar ya Pak...
 
 
spacer
  
  Amien Rais lagi......... (mustoffa1968@ya..., 15/12/2004 01:57)
Amien Rais adalah sedikit dari stok pemimpin Indonesia yang berhati mulia. Kalau dia salah langsung minta maaf, tak sungkan-sungkan atau malu. Justru dengan begitu ia menjadi pemimpin yang perlu di teladani. Saya sekali pada waktu Pilpres lalu, beliau tidak terpilih. Ada alasan dari kawan saya mengapa dia tidak terpilih. " Kalau masih ada pemimpin yang kotor, buat apa sih kita memilih yang bersih ?". Begitulah kerusakan akhlak bangsa ini sudah demikian sempurna, sehingga dalam hal memilih pemimp... <108 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  budi luhur amin rais (cakbadar@ma..., 12/12/2004 16:15)
amin rais berahlaq mulia , ketika bersalah atau di anggap salah segera minta maaf , coba gus dur betapa banyak komentar ngawurnya tak pernah minta maaf malah bikin alasan2 menghilangkan kesalahan2 nya .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer