spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
CCF Indonesia Batal Ditutup

Bandung, 11 Desember 2004 17:14
Centre Culturel Franšais (CCF) atau Pusat Kebudayaan Perancis di Indonesia, batal ditutup setelah sebelumnya berkembang isu penutupan itu seiring menipisnya anggaran biaya dari pemerintah Perancis.

Direktur CCF Bandung Laurent Vergain, di Bandung, Sabtu mengatakan CCF di Indonesia tidak akan ditutup seperti isu yang berkembang saat ini.

Kendati demikian, Laurent Vergain membenarkan berkembangnya isu itu seiring keberadaan pusat kebudayaan yang dimiliki Perancis di dunia terhitung paling banyak dibandingkan sejumlah negara di kawasan eropa lainnya.

"Di Indonesia saja ada empat CCF, yakni, di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, belum lagi untuk seluruh dunia yang diperkirakan mencapai seribu CCF," ungkapnya.

Banyaknya CCF tersebut akan banyak memakan biaya yang cukup besar hingga akhirnya berkembang isu akan ada penutupan CCF atau pusat kebudayaan Perancis di sejumlah negara.

Ia menambahkan bukti lainnya bahwa CCF tidak akan ditutup itu, yakni, dirinya terpilih menjadi direktur baru CCF Bandung untuk masa jabatan selama empat tahun mendatang, yang menggantikan direktur sebelumnya, Alain Zayan.

Disebutkan, jika benar-benar rencana penutupan CCF itu akan terealisasikan, pemerintah Perancis juga akan berpikir dua kali melihat pentingnya pusat kebudayaan itu.

"Dari keberadaan CCF tersebut, kita ingin memperkuat misi dalam soal kebudayaan, seperti, pada tahun 2004 lalu karya `video art` asal Indonesia diikutsertakan dalam sebuah acara video art di Perancis," katanya.

Di bagian lain, Laurent Vergain juga mengungkapkan alasan pendirian CCF di Indonesia hanya pada empat kota saja, terkait dengan potensi bidang budaya yang dimilikinya.

Jumlah penduduk di Pulau Jawa terhitung cukup banyak dibandingkan pulau lainnya serta keempat kota yang memiliki CCF itu, merupakan, kota besar di Pulau Jawa.

"Idealnya jumlah CCF di Indonesia harus melebihi empat CCF seiring luasnya Indonesia," ucapnya.

Menurut dia, persoalan maraknya isu terorisme yang menerpa Indonesia, tidak terlampau mempengaruhi masyarakat Perancis dalam mengenal kebudayaan Indonesia.

Mayoritas Perancis sendiri menilai Indonesia bukan tempatnya teroris dan bilamana muncul ketakutan seiring peristiwa ledakan bom di Kedubes Australia beberapa waktu lalu, hanya memunculkan ketakutan yang bersifat umum saja.

"Hingga dapat dikatakan masalah isu terorisme itu, tidak mengganggu masalah kebudayaan," demikian Laurent Vergain. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer