spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Presiden Dijadwalkan Canangkan Penanaman 100 Ribu Ha Sawah

Palembang, 11 Desember 2004 15:20
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan meresmikan sekaligus pencanangan penanaman perdana 100 ribu hektare padi sawah di Sumsel, pada 28 Januari 2005.

Puncak acara pencanangan penanaman perdana padi sawah itu dilakukan di lokasi Irigasi Komering, Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kata Asisten Ekonomi, Keuangan dan Kesra Pemprov Sumsel, Budi Raharjo di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, penanaman padi perdana tahun 2005 itu dimulai dari irigasi Komering dan dilanjutkan pada beberapa daerah sentra produksi seperti di Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Musi Rawas.

Khusus irigasi Komering saja yang diprogramkan mengairi areal persawahan seluas 70 ribu ha, hingga saat ini pembangunan tahap I sudah selesai dan dapat mengairi persawahan seluas 21 ribu ha, sedangkan sisanya akan dilanjutkan pembangunan tahap II.

Dijelaskannya, secara keseluruhan irigasi Komering direncanakan untuk mengairi areal persawahan seluas 120 ribu ha, masing-masing 70 ribu ha berada di Sumsel dan sisanya masuk dalam wilayah Lampung.

Serangkaian kunjungan presiden yang puncak acaranya dipusatkan di Kecamatan Belitang itu, ada beberapa proyek yang akan diresmikan secara simbolis, antara lain pencanangan pembangunan Irigasi Komering tahap II.

Selanjutnya peresmian unit pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Borang II, pencanangan pembangunan PLTG di Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, dan pencanangan pembangunan perkebunan 100 ribu hektare selama lima tahun anggaran.

Khusus pembangunan perkebunan, menurut Budi, terdiri atas berbagai komoditi ekspor unggulan seperti kelapa sawit, karet dan kopi tersebar di beberapa kabupaten dalam wilayah Sumsel.

Ia menambahkan, dalam rangkaian kunjungan presiden ke Sumsel tersebut juga akan meresmikan masjid Baitul Atik di Kecamatan Bukit Kecil, Palembang serta menyempatkan diri sholat Jumat bersama warga setempat. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer