spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
TIMUR TENGAH
spacer
 
Israel Tangkap Calon Presiden Palestina

Ramallah, 11 Desember 2004 00:38
Polisi Israel hari Jumat menangkap Bassam Salhi, calon presiden Palestina dari Partai Rakyat, ketika ia sedang berusaha memasuki Yerusalem Timur melalui salah satu pos pemeriksaan polisi di sekitar kota tersebut, kata beberapa pejabat partai.

Menurut mereka, Salhi dihentikan di pos pemeriksaan polisi sebelah utara kota tersebut dan tidak diizinkan memasuki kota yang diduduki itu. Setelah percekcokan dan bentrokan dengan polisi, ia ditangkap dan dibawa pergi.

Salhi adalah seorang warga Tepi Barat, dan masuk ke Yerusalem Timur hanya diperbolehkan bagi penduduk Palestina Tepi Barat yang memperoleh surat izin khusus yang dikeluarkan militer Israel. Yerusalem Timur dicaplok Israel setelah direbut dalam perang 1967.

Menteri Kabinet Palestina Saeb Erakat mengatakan sebelumnya, Pemerintah Palestina mendapat jaminan dari AS dan Eropa bahwa Israel akan mengizinkan orang Palestina di Yerusalem Timur untuk mengambil bagian dalam pemilihan umum presiden Palestina pada 9 Januari.

Salhi, seperti delapan calon presiden yang lain, ingin berkampanye di Yerusalem Timur, dimana terdapat lebih dari 180.000 orang yang memiliki hak suara.

Juga Jumat, pasukan Israel menangkap empat calon dalam pemilu tingkat kota di Dahriyeh, Al-Khalil (Hebron), sebelah selatan Tepi Barat, kata beberapa pejabat Palestina.

Menteri Pemerintahan Daerah Jamal Shoubaki menyatakan, penangkapan keempat orang itu melanggar janji Israel bahwa mereka akan mempermudah dan tidak campur tangan dalam proses pemilu Palestina.

Babak pertama pemilu daerah dan kota akan dilaksanakan di 26 kota dan desa Tepi Barat pada 23 Desember.

Anak Palestina tewas Sementara itu, seorang anak perempuan Palestina yang berusia enam tahun tewas ditembak pasukan Israel di kawasan barat kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza bagian selatan, Jumat.

Sejumlah petugas medis dan saksi mata Palestina mengatakan, Ranya Seyyam tewas tertembus peluru di luar rumahnya ketika pasukan Israel yang ditempatkan di daerah pinggiran permukiman Neveh Dekalim sebelah barat kamp pengungsi tersebut melepaskan tembakan.

Saksi mata juga menyatakan, tembakan tank Israel juga menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah di daerah tersebut.

Sebelumnya pada pagi hari, empat pemukim Yahudi cedera ketika sebuah mortir yang ditembakkan gerilyawan Palestina menghantam sebuah rumah di permukiman Yahudi Neveh Dekalim sebelah barat kota Khan Younis, Jalur Gaza bagian selatan, kata Radio Israel.

Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata kelompok garis keras Hamas, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer