spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Presiden Canangkan Gaya Hidup Sehat

Yogyakarta, 10 Desember 2004 12:02
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat, mencanangkan "Program Sehat Itu Gaya Hidup" yang sekaligus merupakan tema utama Hari Kesehatan Nasional tahun ini.

"Mari kita jadikan sehat sebagai gaya hidup," kata Presiden ketika menyampaikan sambutan dalam peringatan puncak Hari Kesehatan Nasional ke-40 yang dilakukan di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menkes Siti Fadillah Supari, dan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Presiden menyebut gaya hidup sehat itu mencakup makanan dengan gizi seimbang, olahraga secara teratur, menjauhi narkoba dan psikotropika lainnya, tidak melakukan sex bebas, menggunakan air dan jamban bersih, memberikan ASI kepada bayi, menggunakan alat-alat KB dengan kadar kesehatan yang baik, dan tidak merokok.

Ajakannya untuk tidak merokok sempat mengundang tawa kecil dari ratusan undangan yang menghadiri acara yang terletak tepat di depan candi tersebut.

"Mohon maaf," kata Kepala Negara sambil tersenyum ketika menyadari ada beberapa produsen rokok yang menghadiri acara tersebut.

Hidup sehat, kata Yudhoyono, juga mencakup bersih lingkungan termasuk dari KKN.

Presiden pada kesempatan itu juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama bagi mereka yang mengalami keterbatasan dan kemiskinan sehingga sulit mendapatkan kesehatan yang memadai.

Selain mencanangkan "Program Sehat Itu Gaya Hidup", dalam kesempatan itu Kepala Negara juga menyaksikan penyuntikan vaksin Combo DTP-Hepatitis B kepada seorang balita.

Vaksin itu buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT Bio Farma, bekerjasama dengan RIVM Belanda yang memiliki kelebihan dalam imunisasi balita, antara lain mengurangi jumlah suntikan yang biasa harus enam kali menjadi hanya tiga kali, mengurangi biaya, baik alat suntik maupun kemasan, serta mengurangi efek samping.

Sementara itu menurut Menkes Siti Fadillah Supari, rangkaian Hari Kesehatan tahun ini juga diselenggarakan dengan melakukan berbagai kegiatan, termasuk seminar tentang perilaku hidup sehat anak dan remaja serta memperingati Hari Peduli Hepatitis.

"Sebenarnya Hari Kesehatan Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Tanggal itu dipilih untuk memperingati hari yang sama tahun 1959 ketika Presiden Soekarno mencanangkan Gerakan Pemberantasan Malaria dengan melakukan penyemprotan nyamuk secara simbolik di Desa Kringinan, Kabupaten Slemen, Yogyakarta," katanya.

Usai menyampaikan sambutan pada peringatan itu, Presiden menyempatkan diri berdialog dengan berbagai kalangan yang hadir. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  hidup sehat memang hebat (qahtanirecbur@ma..., 15/12/2004 16:09)
semua orang ingin hidup sehat . tapi apa daya bagi rakyat miskin , rumahnya aja gak rapet banyak nyamuk , beli obat gak mampu , makanan bergizi mahal ,ahirnya kurang fitamin dan mudah terkena penyakit , ahirnya tawakkal aja pada Allah .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer