spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
TIMUR TENGAH
spacer
 
Pilpres Palestina
10 Calon akan Saling Bersaing

Ramallah, 3 Desember 2004 01:44
Sepuluh calon akan mengambil bagian dalam pemilihan presiden Palestina untuk menggantikan Yasser Arafat, kata sejumlah pejabat, Kamis, setelah menyelesaikan daftar calon bagi pemilihan umum pada 9 Januari itu.

Berada di urutan atas daftar tersebut adalah Mahmoud Abbas, pengganti Arafat sebagai ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), dan Marwan Barghouti, seorang pemimpin pemberontakan Palestina yang menjalani hukuman seumur hidup di sebuah penjara Israel.

Abbas, tokoh moderat yang akan mewakili kelompok utama Fatah, dipandang sebagai calon favorit dalam pemilihan itu sampai pencalonan Barghouti diajukan sesaat menjelang batas waktu penutupan pada Rabu malam.

Barghouti, pilihan paling populer di kalangan rakyat Palestina untuk menggantikan Arafat, mengatakan kepada istrinya selama kunjungannya ke penjara bahwa ia ingin mencalonkan diri dalam pemilihan itu sebagai seorang calon independen.

Pencalonan Barghouti itu telah mengacaukan peluang Abbas dan menjebloskan kancah politik Palestina ke dalam pergolakan. Beberapa pejabat Palestina menyeru Barghouti agar membatalkan pencalonannya untuk menjaga kesatuan di kalangan Palestina.

"Para calon memiliki waktu hingga tengah malam 15 Desember untuk menarik pencalonan mereka," kata Rami Hamdullah, sekretaris jendral Komite Pemilihan Umum Pusat (CEC), pada jumpa pers di kota Ramallah, Tepi Barat.

Hamdullah mengatakan, sejauh ini 71 persen pemilih atau 1.282.524 orang Palestina telah mendaftarkan diri untuk memberikan suara dalam pemilu tersebut.

"CEC telah mensahkan 10 pencalonan dan menolak dua pencalonan karena tidak memenuhi syarat," katanya.

Pemilihan itu diadakan untuk menetapkan pengganti Arafat sebagai presiden Pemerintah Palestina setelah ia meninggal karena penyakit yang tidak diungkapkan di sebuah rumah sakit Perancis.

Berikut ini delapan calon lain yang akan bersaing dalam pemilihan tersebut: Abdel Sattar Qassem - Independen Bassam Salhi - Partai Rakyat Palestina Tayssir Khaled - Front Demokratis bagi Pembebasan Palestina Abdel Karim Shbier - Independen Hassan khreisheh - Independen Abdel Halim al-Ashqar - Independen Alsaied Barakah - Independen Mustafa Barghouthi - Independen [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer