spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
TIMUR TENGAH
spacer
 
Pemimpin PLO Bertekad Ikuti Jejak Arafat

Ramallah, 24 November 2004 03:24
Pemimpin baru Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Mahmud Abbas hari Selasa berjanji mengikuti jejak Yasser Arafat setelah ia dipiulih oleh kelompok Fatah sebagai calon untuk menggantikan almarhum presiden Palestina tersebut.

"Kami berjanji kami akan terus berada di jalur yang sama dengan yang anda (Arafat) tempuh unjtuk mencapai mimpi yan gselalu hidup bersama anda... mendirikan sebuah negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibukotanya," kata Abbas pada sidang khusus parlemen untuk menghormati Arafat.

"Kita tidak akan tinggal diam sampai hak kembali kita terwujud dan penderitaan pengungsi teratasi," katanya.

Abbas disetujui dengan suara bulat pencalonannya dalam pemilihan presiden oleh komite pusat pembuat keputusan Fatah pada pertemuan Senin larut malam, namun keputusan itu masih harus disahkan oleh Dewan Revolusioner pada Kamis.

Ia kini menjadi calon unggulan untuk menang dalam pemilihan Palestina pada 9 Januari untuk menggantikan Arafat sebagai presiden Pemerintah Palestina, khususnya karena kelompok garis keras Hamas telah memutuskan memboikot pemilihan tersebut.

Abbas, mantan PM Palestina, menggantikan Arafat sebagai pemimpin PLO segera setelah pemimpin kawakan Palestina itu meninggal pada 11 November.

Kematian Arafat itu dan munculnya tokoh moderat Abbas sebagai pemimpin baru telah mendorong harapan-harapan bahwa kepergian Arafat bisa mengarah pada kebangkitan kembali proses perdamaian Timur Tengah yang macet.

Namun, sikap kerasnya mengenai hak kembali pengungsi Palestina yang diusir atau dipaksa meninggalkan rumah mereka ketika Israel didirikan pada 1948 menggambarkan permasalahan yang membayangi proses perdamaian.

Perdana Menteri Ahmed Qorei juga mengatakan kepada anggota-anggota parlemen bahwa "kehilangan besar" Arafat "tidak boleh menghancurkan semangat kita, dan duka-cita kita tidak boleh menumpulkan kemampuan kita untuk mengambil prakarsa".

Para sponsor utama rencana "peta jalan" perdamaian yang didukung Israel dan Palestina tahun lalu yang bertujuan mendirikan negara Palestina pada 2005 bertemu di Mesir, Selasa, di sela-sela konferensi internasional mengenai Irak.

"Kami semua tergerak. Kami menegaskan lagi tekad kami untuk bekerja dengan kepemimpinan Palestina untuk mendukung pemilihan" yang akan menentukan pengganti Arafat, kata Sekretaris Jendral PBB Kofi Annan kepada wartawan.

Pertemuan singkat anggota-anggota kwartet perdamaian -- PBB, AS, Uni Eropa dan Rusia -- itu dilakukan sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Colin Powell mengadkan pembicaraan dengan para pemimpin Israel dan Palestina dalam lawatan pertamnya ke kawasan Timur Tengah dalam waktu 18 bulan.[EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer