spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AFRIKA
spacer
 
DK PBB Setujui Resolusi Sudan

Nairobi, 19 November 2004 08:24
Dewan Keamanan PBB hari Kamis menyetujui teks sebuah resolusi yang bertujuan memulihkan perdamaian di Sudan, kata presiden dewan tersebut John Danforth.

"Kami baru menyelesaikan pembahasan mengenai rancangan resolusi dan seluruh 15 anggota dewan menyetujuinya sehingga rancangan itu akan disahkan besok," kata Danforth kepada wartawan setelah hari pertama sidang khusus DK PBB di Nairobi.

"Saya rasa itu sebuah resolusi yang sangat berimbang... Itu resolusi yang secara jelas mengakui tragedi Darfur dan kenyataan bahwa kami sudah meloloskan dua resolusi mengenai masalah ini," tambahnya.

Resolusi-resolusi sebelumnya mengandung ancaman sanksi terhadap Khartoum jika mereka tidak mengendalikan milisi yang dituduh kalangan luas melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Darfur, sebuah kawasan barat Sudan dimana pemberontak bangkit pada Februari 2003.

PBB menyebut keadaan di Darfur sebagai krisis HAM terburuk dunia saat ini. Puluhan ribu orang tewas dan sekitar 1,6 juta orang kehilangan tempat tinggal dalam konflik tersebut.

Danforth menjelaskan bahwa tujuan utama dari resolusi baru itu dan alasan pertemuan DK yang langka dilakukan di luar New York adalah untuk menekan Khartoum dan sebuah kelompok pemberontak terpisah, Gerakan/Tentara Pembebasan Rakyat Sudan, agar menyelesaikan pembicaraan dua tahun di kota Naivasha, Kenya, dengan sebuah perjanjian menyeluruh yang mengakhiri perang yang telah berlangsung 21 tahun. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer