spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AFRIKA
spacer
 
Arafat Disemayamkan di Kairo Sebelum Dimakamkan

Kairo, 12 November 2004 18:46
Yasser Arafat disemayamkan di Kaior dengan upacara kemiliteran sebelum dimakamkan di kompleks di Tepi Barat, tempat ia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya menghadapi kepungan tentara Israel tanpa mewujudkan cita-citanya: negara Palestina.

Mantan gerilyawan yang menjadi tokoh pembebasan Dunia Ketiga dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian meninggal dalam usia 75 tahun di sebuah rumah sakit militer di Perancis setelah menderita sakit parah yang membuatnya koma.

Arafat meninggalkan rakyatnya di zona antara pendudukan langsung Israel dan status negara bagian Palestina, yang mendapat banyak tekanan dari militer Israel menyusul aksi perlawanan empat tahun oleh kelompok "militan" Palestina.

Rakyat Palestina menunjuk kepemimpinan kolektif yang terdiri atas tokoh-tokoh moderat di lingkungan Arafat, yang membuat dunia berharap terciptanya perdamaian di wilayah itu.

Namun para penganti semantara Arafat akan mendapat tantangan dari generasi muda Palestina "militan" yang menentang korupsi yang dilakukan generasi tua Palestina.

generasi muda itu mengganggap generasi tua tidak mampu menghadapi Israel. Keadaan tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan kecemasan soal kekosongan kekuasaan untuk memainkan kartu diplomasi dalam jangka pendek.

Peti jenazah Arafat, yang didampingi jandanya, Suha, tiba dengan pesawat jet Perancis Kamis sore di Kairo untuk disemayamkan di ibukota Mesir itu, tempat kelahiran Arafat. Di kota itu pula karir politik mantan gerilyawan itu melonjak pada tahun 1960-an.

Beberapa presiden, menlu dan raja dari seluruh dunia menghadairi persemayaman itu, terutama para pemimpin negara Arab karena tempat tersebut relatif jauh dari pengawasan Israel, yang menutup daerah Tepi Barat dan Gaza.

Di antara mereka yang diperkirakan hadir dalam upcara persemayaman di sebuah masjid dekat bandara militer Kairo itu adalah Presiden Mesir Hosni Bubarak, Presiden Lebanon Emile Lahoud, Presiden Afrika Selatan ThaboMbeki, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe serta Raja Abdullah dari Jordania.

Amerika Serikat mengirim pejabat Deplu tingkat kedua, Asisten Menlu William Burns. AS dikenal mendukung pemboikotan atas Afarat yang dianggap sebagai "penghalang perdamaian," tuduhan yang dibantah keras tokoh utama Palestina itu.

Israel tidak mengirim asama sekali pejabatnya. "Saya pikir kami tidak perlu mengirim wakil ke upacara persemayamnan seorang yang membunuh ratusan rakyat kami," kata Menteri Kehakiman Yosef Lapid.

Setelah disemayamkan di Kairo, jenazah Arafat diterbangkan ke kota Ramallah, Tepi Barat, untuk dimakamkan di kompleks yang dikepung tentara Israel selama 2-1/2 tahun sampai Arafat jatuh sakit parah dua pekan lalu dan diterbangkan ke Paris.

Tingkatkan Keamanan Pasukan Israel terus meningkatkan kewaspadaan militernya, dan memperketat pengawasan untuk mencegah kemungkinan serangan dan kerusuhan yang berkaitan dengan pemakaman Arafat. Peningkatan keamanan semaksimum mungkin oleh Israel itu merupakan kali pertama sejakge lombang aksi bom bunuh diri tahun 2002.

Seorang ulama senior Islam mengatakan jenazah Afarat akan dimasukkan ke dalam peti yang kemudian akan dipindahkan ke Jerusalem, jika Israel kemudian menarik penolakannya untuk mengizinkan Arafat dimakamkan di tempat suci Islam di kota itu.

Israel tidak menginginkan Arafat dimakamkan di Jerusalem Timur yang berpenduduk mayoritas warga Arab karena Tel Aviv mengkhawatirkan pemakaman itu akan memperkuat tuntutan rakyat Palestina atas sebuah kota di bagian kota suci tersebut, yang dicaplok Israeel pada perang 1967. Langkah militer Tel Aviv itu tidak diakui oleh internasional.

Israel sebelumnya menekankan bahwa Arafat dimakamkan di Gaza, sebuah jalur kecil, sebelum mengabulkan pilihan kedua rakyat Palestina. Lokasi itu dikenal sebagai markas besar Arafat, Muqata, yang merupakan simbol pertahanan terakhir tokoh Palestian itu menghadapi Zionis Israel.

Sheikh Ikrima Sabri, mufti besar Palestina dari Jerusalem, mengatakan ia akan membawa pasir dari lokasi masjid Al-Aqsa, Jerusalem, tempat tersuci ketiga Ummat Islam -- untuk ditaruh di jenazah Arafat sebelum pemakaman.

Pihak Otoritas Palestina menyatakan masa berkabung selama 40 hari.

Kematian Arafat membuat puluhan ribu warga Pelestina turun ke jalan-jalan di beberapa kota dan kamp pengungsi di seluruh Tepi Barat dan Gaza. Banyak dari mereka meraung-raung sedih dan membawa foto Arafat, satu dari pemimpin dunia yang paling diakui.

Ratusan kelompok "militan" menembakkan peluru dari senjata mereka ke udara. Di Gaza, para pemuda membakar ban-ban kendaraan. Lewat pengeras suara, ayat-ayat suci Al-Quran dikumandangkan.

Dalam beberapa jam kematian Arafat, anggota "militan" dari gerakan Fatah pimpinan Arafat menyerang permukiman Yahudi di Gaza. Serangan itu, menurut mereka, mensinyalkan dimulainya putaran baru konflik melawan Israel. Beberapa tentara Israel menembak tiga warga Palestina, sedikitnya dua dari mereka adalah pria bersenjata.

Saat ucapan bela sungkawa atas kematian Ararat berdatangan dari seluruh penjuru dunia, para pejabat Palestina mendesak Israel agar menghidupkan kembali pembicaraan yang tersenddat-sendat. Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan kematian ASrafat dapat menjadi "titik balik" bagi perdamaian jika para penerus Arafat mengakhiri aksi kekerasan.

Arafat kembali dari pengasingan tahun 1994 setelah perjanjian damai sementara yang memberikan Palestina kekuasaan terbatas di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Ia berbagi Hadiah Nobel dengan Shimon Peres, yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri Israel, dan perdana menteri Yitzhak Rabin, yang kemudian dibunuh oleh seorang anggota kelompok radikal Yahudi.

Namun pertemuan puncak perdamaian final yang ditujukan untuk menciptakan sebuah negara Palestina mengalami kegagalan pada tahun 2000, dan membuat kembali wilayah itu menjadi ladang pertumpahan darah. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
terkait, $ID); ?>
 
spacer spacer  
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 11 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer