spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Anwar: Mahasiswa Malaysia di UGM Dilarang Dengarkan Pidatonya

Anwar Ibrahim (GATRA/Edward Luhukay)Yogyakarta, 9 Desember 2004 16:40
Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengungkapkan, mahasiswa Malasysia yang belajar di Yogyakarta, terutama di Universitas Gadjah Mada (UGM), oleh pemerintah negeri jiran itu dilarang menghadiri dan mendengarkan pidatonya di depan civitas akademika universitas tersebut.

"Saya memperoleh informasi bahwa mahasiswa Malaysia yang berada dan kuliah di Yogyakarta dihubungi oleh pemerintah Malaysia agar tidak menghadiri dan mendengarkan pidato saya di UGM," kata Anwar, usai menyampaikan pidato bertema `Membumikan Masyarakat Madani`, di UGM Yogyakarta, Kamis.

Ia mengaku kesal mengetahui larangan tersebut, karena merupakan tindakan yang tidak sehat. Sebetulnya ia bersedia menyumbangkan pemikiran bagi mahasiswa Malaysia, baik yang berada di dalam maupun luar negeri, tetapi mereka dilarang untuk mendengarkan apa yang ingin disampaikannya.

Rektor UGM Prof Dr Sofian Effendi membenarkan mengenai larangan itu. Para mahasiswa umumnya menaati larangan itu.

"Informasi tentang larangan tersebut saya peroleh dari salah seorang mahasiswa Malaysia yang kuliah di UGM. Sebagian besar mahasiswa Malaysia yang kuliah di sini menaatinya, karena takut beasiswa yang selama ini diperoleh dari pemerintah Malaysia akan diputus dan dihentikan," ujarnya.

Ia mengemukakan, mahasiswa Malaysia yang kuliah di UGM berjumlah sekitar 100 orang, dan sebagian besar diantaranya dibiayai dengan beasiswa pemerintah Malaysia, sehingga jika mereka tidak menaati instruksi pemerintahnya, dikhawatirkan beasiswa yang mereka terima akan diputus dan dihentikan.

Namun, menurut dia, yang memberlakukan ketentuan seperti itu bukan hanya pemerintah Malaysia, karena pemerintah Amerika Serikat (AS) juga memberlakukannya.

Ia mencontohkan, dulu banyak mahasiswa AS yang belajar dan kuliah di UGM, kemudian pada waktu terjadi peristiwa bom Bali, mereka disuruh pulang. Namun ada yang membangkang tidak mau pulang, dan akhirnya beasiswa yang selama ini diterima, benar-benar diputus dan dihentikan.

"Akibatnya, mereka terlunta-lunta di sini. Jadi, bukan hanya pemerintah Malaysia, pemerintah AS yang mengaku negara paling demokratispun masih memberlakukan ketentuan seperti itu," ujar dia. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
terkait, $ID); ?>
 
spacer spacer  
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Apakah Indo siap liat M'sia terima H Tiro? (injustice_indo@ya..., 14/12/2004 06:54)
M'sia memperlihatkan sikap yg dewasa....
Soal pelarangan mahasiswa, wajar kog ..wong yg ngasih beasiswa pemerintah bukan si Anwar.

Coba bayangin, jika sekiranya Hasan Tiro disambut spt Anwar di M'sia, pasti pemerintah kebakaran Jengot.........
 
 
spacer
  
  Apakah Larangan Itu Bermakna ? (lupus_8811@ya..., 10/12/2004 22:56)
Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, saya sendiri agak heran dengan gerakan Anwar Ibrahim ini, koq kapasitas-nya dia sebagai pribadi bisa dengan mudah nya ketemu ketua MPR/DPR, pejabat teras (padahal kita rakyat Indonesia saja sangat sulit untuk bertemu mereka-mereka apalagi dalam kapasitas nya sebagai pribadi) dan bahkan memberikan pidato-pidato didepan kalangan politikus bahkan mahasiswa.

Pihak pemerintah Malaysia melarang mahasiswa nya yang kuliah di UGM untuk tidak mengikuti pidato yang ... <327 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Indonesia jangan terlalu IKUT Campur-LAH!... (slamet280670@ya..., 10/12/2004 22:29)
Sudahlah, Kita Indonesia jangan terlalu SOK perhatian, gradag-grudug ngadaain acara dengan Anwar Ibrahim......
Kalau status kita di balik seperti malaysia bagaimana ?
Malaysia gradag-grudug penuh perhatian dengan Oposan kita...APA KITA TERIMA ?
Kita ini LATAH...terlalu sok ngurusin orang, urus aja negara sendiri....kalau malaysia tersinggung...puluhan ribu warga kita masih ngorek-ngorek nasi di sana..INGAT ITU...Itu yg harus dipikirin...
 
 
spacer
  
  Sebenarnya Apa Sih Maunya Pemerintah Malaysia (hidayat_hdy@ya..., 10/12/2004 21:46)
AS sebagai negara yang menghusung demokrasi ternyata paling terdepan dalam hal penegakkan demokrasi. Pemerintah Malaysia secara terang-terangan telah menguburkan iklim demokrasi yang sedang di bangun dengan melarang rakyat, media massa, tokoh bahkan yang lainnya untuk tidak bertemu dengan anwar ibrahim. Sebenarnya apa sih maunya Pemerintah Malaysia. Ternyata Anwar Ibrahim yang dipenjara dengan berbagai tuduhan, dan tuduhan itu ternyata tidak terbukti, sangat ditakuti oleh Pemerintah Malaysia. Ma... <93 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer