spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kominfo Siap Jadi Departemen

Jakarta, 9 Desember 2004 14:24
Sekretaris Menkominfo JB Kristiadi mengatakan, Kementrian Negara Komunikasi dan Informasi (Kominfo) siap berubah jadi departemen, sekaligus menerima Ditjen Pos dan Telekomunikasi (Postel), bila memang itu kemauan dari pemerintahan saat ini dan masyarakat.

Di sela-sela acara Peluncuran Buku Sankri III oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Jakarta, Kamis, Kristiadi mengemukakan, ada dua hal yang menjadi landasan Kominfo akan menjadi kementerian portofolio (departemen).

Pertama, lanjut Kristiadi, dalam RUU Pemerintahan yang sudah disahkan oleh DPR periode lalu itu memutuskan bahwa Kominfo akan menjadi sebuah departemen. Tapi RUU Pemerintahan yang telah disahkan oleh DPR belum ditandatangani oleh Presiden.

Kedua, masyarakat telematika, telekomunikasi. dan komunikasi memang menginginkan agar ada dalam satu atap yakni di bawah Departemen Komunikasi, Pos dan Telekomunikasi. Setelah reformasi, Ditjen Postel dimasukan ke dalam Departemen Perhubungan, tapi belakangan ini santer Ditjen Postel akan dikembalikan kepada Kominfo dan kementerian negara itu akan berubah menjadi departemen.

Rencana pemerintah untuk memindahkan Ditjen Postel ke Kominfo dirancang oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan). Keputusan ini diambil dalam rangka mewujudkan kebijakan pengembangan telematika (telematika, informatika, dan media penyiaran).

Sementara itu, Menkoinfo Sofyan A Jalil mengaku sudah mendengan rencana itu, tapi Keppres mengenai pengalihan Ditjen Postel ke Kominfo belum diterima. Ia menilai masuknya Ditjen Postel ke Kominfo merupakan suatu hal yang wajar.

"Usulan Ditjen Postel masuk ke Kominfo memang diusulkan banyak pihak, terutama masyarakat telematika. Memang akan lebih efektif bila pengurusan masalah telematika berada di bawah satu atap," kata Sofyan. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  =PERLU ORANG PROFESIONAL DI KOMINFO= (xsan375@ho..., 10/12/2004 17:46)
Sejak pembubaran departemen penerangan oleh Presiden Gus Dur, terun dihidupkan kembali menjadi Kementerian "KOMINFO" nampaknya nomenklatur tersebut tidak jelas arahnya kemana.

Dengan tidak jelas arahnya maka outcome tidak terlihat jelas apa, karena selama kabinet yang lalu Kementerian KOMINFO hanya terlihat sebagai penyelenggara seminar "E-GOVERMENT" yang tidak jelas konsepnya apa.

Harapan masyarakat telematika dan praktisi di departemen, kementerian KOMINFO memiliki program yang jelas sbg... <541 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer