spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Guyuran Hujan Debu Diperkirakan Sampai 2005

Malang, 8 Desember 2004 15:36
Hujan debu Gunung Semeru yang mengguyur wilayah Malang Raya diperkirakan akan terjadi hingga awal tahun 2005 mendatang, karena frekuensi dan curah hujan dalam beberapa hari terkahir ini cukup tinggi.

"Hujan debu ini tidak hanya terjadi pada Desember, karena pada Agustus 2004 lalu juga pernah terjadi. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi sampai Januari atau Februari tahun depan," kata Kepala Bromo Tengger Semeru (BTS), Heri Subagiadi, Rabu.

Menurut dia, penyebab hujan debu tersebut, karena frekuensi dan curah hujan mulai Oktober hingga Desember ini cukup tinggi,sehingga cuaca yang ada mempengaruhi aktivitas Gunung Semeru dan Bromo, khususnya Semeru bahkan frekuensi letusan Gunung teringgi di Jatim itu lebih dari normal.

Dikatakannya, jika pada kondisi normal frekuensi letusan antara 80 sampai 90 kali per hari, sekarang menjadi 100 sampai 187 letusan per hari sehingga status waspada II-pun diberlakukan di kawasan itu terutama di sekitar Gunung Semeru.

Menyinggung ditetapkannya status waspada II di kawasan Gunung Semeru dan Bromo tersebut, ia mengatakan, hal itu karena dilandasi oleh beberapa kondisi riil di lapangan, yakni adanya letusan magma, keluarnya material yang menyemburkan hawa panas yang saat ini sudah ditandai oleh awan panas hingga 2500 km dari puncak gunung serta keluarnya lahar.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya menyarankan kepada seluruh pendaki untuk mengalihkan tujuan pendakiannya ke gunung yang lebih aman, seperti Welirang dan masyarakat disekitar Semeru juga tetap waspada, karena sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan cuaca yang lebih buruk.

Selain itu, katanya, masyarakat Malang Raya tidak perlu merasa khawatir dan panik, karena menurut visual Vulkanologi, debu dari Gunung Semeru belum pada tahap membahayakan, namun jika masyarakat mengalami gangguan Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), hendaknya menggunakan masker hidung sebagai pencegahan.

"Kami sekarang masih sulit memprediksi, kapan status waspada II ini dicabut, karena semua itu masih tergantung cuaca, bisa saja statusnya naik atau menurun, namun yang jelas saat ini wilayah laut selatan Malang ini terus menerus terjadi badai," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer