spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Menhub Tolak Dana Investigasi dari Lion Air

Jakarta, 8 Desember 2004 12:16
Menteri Perhubungan M. Hatta Rajasa secara tegas menolak dana dari Lion Air untuk membiayai investigasi dan penyelidikan penyebab tergelincirnya pesawat Lion Air GT 538 di Bandara Adi Sumarmo, Solo beberapa waktu lalu.

"Kami menolak dana untuk investigasi itu dari maskapai yang bersangkutan," katanya, menjawab pertanyaan wartawan, sebelum menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR, di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, selama ini pembiayaan dana investigasi untuk tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam berbagai musibah selalu berasal dari maskapai penerbangan. Tetapi tahun ini pemerintah bertekad menggunakan dana dari APBN.

"Idealnya memang seperti itu, karena tim sejenis di negara mana pun dananya juga independen atau berasal dari negara," kata Hatta.

Namun ia tidak bersedia merinci berapa dana dari APBN yang dialokasikan untuk kepentingan investigasi musibah Lion Air di Solo itu.

Menhub mengakui, proses investigasi hingga laporan final terhadap sebuah insiden, bahkan kecelakaan pesawat udara di Tanah Air memakan waktu cukup lama.

Ia mencontohkan peristiwa kecelakaan pesawat Garuda GA 512 di Sibolga, Medan, yang menewaskan lebih dari 100 orang pada 1997, baru selesai laporan akhirnya pada November 2004.

Sementara itu, kecelakaan pesawat Garuda GA 462 dua tahun lalu yang mendarat darurat di Bengawan Solo, sampai sekarang belum selesai.

Manajer Humas Lion Air Hasyim Arsal Al Habsyi, saat dihubungi Antara, belum bersedia menyebutkan, berapa dana investigasi yang telah direncanakan dan dipersiapkan untuk membantu tim KNKT.

Instruksi Menhub Pada bagian lain saat menyampaikan pengantar pada rapat kerja dengan Komisi V yang dipimpin wakil ketua komisi itu Erman Suparno, Menhub menyatakan pihaknya telah mengeluarkan instruski Menhub No: IM.1 tahun 2004 tanggal 6 Desember tentang langkah-langkah peningkatan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Instruksi tersebut ditujukan kepada Dirjen Perhubungan Udara, Badan Meteorologi dan Geofisika, Badan SAR Nasional, pengelola bandar udara, penyelenggara navigasi penerbangan, dan operator pesawat udara untuk meningkatkan pengamanan dan keselamatan penerbangan. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer