spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
TEKNOLOGI & SAINS
spacer
 
Asia Pacific ICT Award
Tiga Mahasiswa Binus Ikut Kompetisi IT di Hong Kong

Ferawati, Gabriela Maymona, & Yuliany Setiawan (Dok. GATRA)Jakarta, 6 Desember 2004 18:14
Tiga mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) besok pagi terbang ke Hong Kong untuk mengikuti kompetisi IT, masing-masing Ferawati, Gabriel Maymona, dan Yuliany Setiawan. Mereka akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi International Asia Pacific ICT Awards (APICIA), 7-11 Desember 2004.

Untuk mendapatkan tiket ke Hong Kong itu, ketiga dara ini berhasil menyisihkan para pesaing mereka dari berbagai perguruan tinggi, dalam kompetisi tingkat nasional. Kompetisi di tingkat lokal ini diselenggarakann oleh Komite APICTA Indonesia dan Asosiasi Piranti Lunak (ASPILUKI).

Karya cipta yang telah dimenangkan di Indonesia, menurut Hanny Santoso, pembimbing ketiga mahasiswi itu adalah "Smart Navigator: Solusi Terintegrasi untuk Pusat Perbelanjaan" yang terdiri dari SmartParking System, SmartMall System, dan SmartShopping System.

Gagasan pembuatan piranti ini dipicu oleh kebutuhan informasi akurat seketika serta semakin sulitnya masyarakat dalam memperoleh area parkir di beberapa mal, baik yang kecil maupun yang besar.

"Awalnya sih karena kami suka nongkrong dan shopping di mal," kata Ferawati (22) kepada Gatra.com di kantor pusat Hewlett Packard Indonesia, Jakarta.

Piranti Navigasi ini berjalan di atas perangkat HP iPAQ, dimana dapat dimanfaatkan untuk pemesanan lokasi parkir di pusat-pusat perbelanjaan ibu kota. Pemikiran ini berdasarkan semakin banyak dan memasyarakatnya penggunaan PDA di Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

"HP iPAQ merupakan pilihan tepat untuk aplikasi Smart Navigator karena iPAQ mempunyai features yang sangat mendukung, seperti koneksi Bluetooth, Wi-Fi, GPRS dan aplikasi multimedia di dalamnya." kata Gabriel Maymona, gadis yang juga berusia 22 tahun ini.

Dalam konferensi pers ini, Setya Rahadi, Country Human Resources HP Indonesia menilai, hal ini merupakan suatu prestasi yang baik. Generasi muda Indonesia, katanya, bisa menunjukkan prestasinya di tingkat internasional. "Hewlett-Packard sangat mendukung kegiatan semacam ini," tambahnya.

Menurut Rahadi, ketiga mahasiswa Bina Nusantara ini sejak awal mendapatkan dukungan dari HP, termasuk penggunaan Pocket PC HP iPAQ itu dalam proses application development.

Program Hewlett-Packard lain di Indonesia yang sedang berjalan, menurut Rahadi, adalah penyelenggaraan "Hewlett-Packard Indonesian Youth Leadership Award".

Sekitar 15 mahasiswa berprestasi yang mempunyai visi kemanusiaan dan kebangsaan yang kuat, serta terbukti aktif berperan menjadi motivator atau penggerak organisasi serta kegiatan sosial-kemanusiaaan akan diseleksi dan difasilitasi untuk menyampaikan gagasan dan pemikirannya. Pemenang juga akan mendapatkan penghargaan dari Hewlett-Packard. [Jay]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Selamat berjuang girls (stevie_byte@ya..., 29/12/2004 09:16)
Nah gitu donk.. Maju indonesiaku. Sukses ya buat srikandi kita, dan buat yang lain jangan kalah ya. Ayo kita memajukan teknologi Indonesia. Hidup indonesiaku..
 
 
spacer
  
  Srikandi IT (ugimars@ya..., 22/12/2004 05:55)
sebagai kawula alit ku salut ama yang namanya srikandi IT ini...lalu di manakah Jsi Janoko itu...
jangan cari bini aja,,,yg di gedeiiin ..tapi gedein itu tehnologi buat kalayak ramai...

ayo bangkit Srikandi ku
 
 
spacer
  
  Great Job!!! Congratulation (kianlie@ve..., 18/12/2004 23:50)
Great Job! Creativitas dan perjuangan generasi muda sejenis ini harus semakin ditingkatkan. Penemuan apapun dan dilakukan secara jujur dan penuh integritas tinggi harus dihargai. Selamat untuk mereka semoga berhasil untuk lomba berikutnya ditingkat International. Awesome...
 
 
spacer
  
  great job...... (hadi_a@so..., 12/12/2004 23:46)
bagus sih prestasinya, tapi pernah gak berpikir bahwa aplikasi itu berguna banyak bagi rakyat indonesia, menurut saya gak sampe 1% dari total rakyat indonesia yang pake PDA, Please Dong Ahhh...., saya hanya kasih saran saja, kalo buat aplikasi itu mbo dipikirkan bagaimana aplikasi tersebut bisa jadi 'KILLER APPS' jadi bisa digunakan banyak orang dan tentunya berguna.....
 
 
spacer
  
  Lulusan Binus Terbaik (tjoeng_david@ya..., 11/12/2004 05:46)
Wahhh!! Hebat juga anak-anak BINUS. Emang sih juliah di Binus menambah wawasan kita, apalagi dengan adanya wakil Binus di dunia internasional.
Bravo Binusian 2002-2006
 
 
spacer
  
  selamat berjuang charlie angel!... (hqsmail@ya..., 10/12/2004 03:48)
selamat berjuang buat charlie angel IT indonesia
semoga menuai hasil yg memuaskan.
ntar ajari saya ya? he he he....
 
 
spacer
  
  welleh2... (guy_3rd@ya..., 09/12/2004 17:57)
bukan maksudnya gwe ini sexist ya, tapi gak nyangka bener kok bisa 3 org dara semua?? kemana neh cowo2 nya? biasanya kan dunia IT didominasi cowo dimana2.. wah malu deh semua cowo jurusan IT di seluruh indo.... hehehe....
 
 
spacer
  
  Bravo Generasi Muda (rilsyah@ya..., 07/12/2004 20:59)
Ini dia generasi muda Indonesia. Semoga saja prestasi-prestasi seperti ini bisa menenggelamkan prestasi hura-hura pembodohan bangsa macam AFI, KDI, Indonesian Idol yang ndak jelas manfaatnya kecuali hanya menguntungkan segelintir penyelenggara yang dapat duit dari gelontoran jutaan sms yang panik itu. Semoga saja Gatra semakin sering memberitakan prestasi-prestasi positive seperti ini
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer