spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Hari HAM di TPST Bojong
Eggi Sudjana, Anton Medan dan Habib Sholat Istkharah

Klapanunggal, 6 Desember 2004 16:26
Bersamaan dengan peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia pada 10 Desember 2004, sejumlah tokoh dan habib, pada Sabtu (11/12) malam akan melaksanakan sholat istikharah bersama dengan warga di tujuh desa sekitar Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bojong, yang berlokasi di Kampung Rawajeler, Desa Bojong, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

"Untuk teknis penyelenggaraannya, kami tentu akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, apalagi masjid terbesar hanya dapat menampung 400 jamaah," kata Koordinator Posko Pembelaan Warga Korban TSPT Bojong, Erwin Usman kepada Antara di sela-sela mendampingi aksi damai ratusan warga Bojong guna menolak keberadaan TPST tersebut, Senin.

Ia menjelaskan, kegiatan keagamaan seperti tabligh maupun sholat istikharah itu bakal diikuti oleh tokoh-tokoh seperti Ketua Umum PPMI (Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia) Dr Eggi Sudjana, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) At-Taibin Cibinong Bogor, KH Muhammad Ramdhan Effendi atau dulu dikenal dengan nama Anton Medan, dan beberapa habib.

Menurut dia, kini rencana kegiatan tersebut terus digodog dan dimatangkan sehingga pada pelaksanaannya tidak mengalami hambatan berarti.

Kegiatan tersebut, kata dia, semata-mata adalah pola untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena warga yang sebagian besar umat Islam bila menghadapi persoalan yang rumit, setelah melakukan ikhtiar juga mesti ber-istiqamah kepada sang khalik.

Karena kegiatan itu sarat dengan suasana keagamaan, pihaknya berharap ada kerjasama dengan berbagai kalangan guna menyukseskan acara tersebut.

Sementara itu, ketika ditanya mengenai bantuan dari Komnas-HAM dalam kasus di TPST Bojong, yang sempat menimbulkan korban luka dan masih adanya trauma warga, Erwin Usman menjelaskan bahwa berdasarkan informasi dari anggota Komnas-HAM, MM Billah, pada rapat pleno 9-10 Desember ini, masalah Bojong akan menjadi salah satu pokok bahasan.

"Jadi, selama dua hari itu, kasus Bojong adalah masalah yang akan diplenokan Komnas-HAM, itulah informasi yang kami terima," katanya.

Mengenai bentuk trauma warga pasca aksi rusuh beberapa waktu lalu, katanya, terbukti dengan masih banyaknya warga, khususnya kaum lelaki, yang hingga kini belum pulang.

"Pendataan paling akhir tim advokasi kami, masih ada 133 orang yang oleh keluarganya dilaporkan belum pulang," katanya. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Indahnya Kebersamaan [Bukan Istisqa]. (religiusta@ya..., 10/12/2004 10:02)
Langkah yang bagus sebagai manifestasi dari kebersamaan yang selama ini terjalin antara para ulama [kaum cendekia muslim] dan umara [para pejabat pemerintah].
Sebagaimana diketahui, ada beberapa langkah sebelum memulai tindakan yang konstruktif untuk menemukan solusi yang terbaik dalam segala hal, termasuk diantaranya --sekarang ini-- demi penyelesaian Bojong:
Pertama, Is'al Nafsak. Tanyalah dirimu sendiri: apakah rencana yang akan kita bangun baik untuk diri sendiri dan orang lain? Kedua, Sya... <422 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Mimpi melihat ikan disungai berair jernih? (wates55@ya..., 08/12/2004 03:51)
Semoga hasil shalat istikharoh tersebut adalah solusi terbaik, bahwa kita memang perlu puluhan atau ratusan TPA modern, untuk menyelamatkan lingkungan hidup kita yang sudah sangat kritis, mungkin satu saat nanti kita bisa melihat lagi ikan betulan berenang diair sungai yang jernih. Amin
 
 
spacer
  
  Sholat Istikharah untuk apa? (abuzaki58@ho..., 07/12/2004 08:29)
Aneh, para Habib, Anton Medan dan Eggi Sudjana mau Istikharah di Bojong untuk apa? Pilihan apa yang mereka inginkan? Mau Sholat Istikharah berjamaah? Minta hujan kali? Eh tapi sekarang lagi musim hujan. Para Ustaz ini bikin yang aneh-aneh saja?
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer