spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
TEKNOLOGI & SAINS
spacer
 
Perkembangan Teknologi
Di Malaysia, Jatuhkan Talak Bisa Pakai SMS

Surabaya, 2 Desember 2004 16:32
Praktisi komunikasi dan konsultan media Tjuk Suwarsono mengatakan, layanan SMS (layanan pesan singkat) melalui ponsel, di Malaysia digunakan untuk menjatuhkan talak satu bagi suami yang menceraikan istrinya.

"SMS di Malaysia sekarang dipakai untuk menjatuhkan talak satu. Kalau tak ada balasan, berarti dianggap menerima. Tapi kaum wanita yang tersinggung, karena wanita dihargai Rp 300 untuk sekali SMS," katanya di Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu pada orasi ilmiah bertajuk "Peran Komunikasi di Era Melejit dan Bergolak" dalam rangka Dies Natalis ke-40 Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Surabaya-Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS) yang dihadiri Ketua STIKOSA H Nadzim Zuhdi, Wakil Ketua Sirikit Syah, dan beberapa pengurus yayasan STIKOSA-AWS.

Mantan wartawan yang juga dosen STIKOSA-AWS itu menjelaskan perkembangan teknologi yang serba canggih justru membuat manusia kembali kepada model komunikasi tatap muka yang merupakan model komunikasi zaman lampau.

"Artinya, teleconference atau bluetooth yang memungkinkan manusia bertemu secara maya ternyata tetap tidak memuaskan. Karena itu HP dikembangkan terus untuk mendengar, memandang wajah lawan bicara, mengirim ritme jantung," katanya.

Menurut pimpinan Lembaga Konsumen Media (LKM) "Media Watch" Surabaya itu, hal itu menunjukkan komunikasi dengan bertemu dan bercakap-cakap secara langsung tetap merupakan model komunikasi terbaik dibanding komunikasi canggih.

"Perkembangan komunikasi ke arah yang lebih mengarah kepada model komunikasi masa lampau itu berarti teknologi komunikasi mengalami revolusi dengan mengutamakan intelectual capital (modal kecerdasan), bukan aset tanah, pabrik, mesin, dan perkakas lainnya," katanya.

Ia menambahkan, perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah mengalami revolusi melebihi kendali, bahkan perkembangan teknologi telekomunikasi sudah terjadi dua kali dalam sehari dan tidak selalu dilakukan oleh perusahaan berskala besar atau negara maju.

"Sejak berdiri 1979, Sony Jepang menemukan 227 model walkman atau satu model dalam tiga minggu. Perusahaan yang menguasai industri teknologi telekomunikasi juga bukan negara maju, melainkan Finlandia (Nokia), Korea (Samsung), dan Acer (Taiwan) yang merupakan sepuluh besar dalam 100 perusahaan terkemuka di dunia," katanya.

Oplah tetap Dalam waktu yang sama, mantan Pembantu Rektor (PR) III Universitas Tujuhbelas Agustus 1945 (Untag) Surabaya Dr Hj drg Ida Ayu Brahmasari MPA dikukuhkan sebagai doktor di Fakultas Pasca Sarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dalam pengukuhan itu, Brahmasari menjelaskan era reformasi di Indonesia telah mendongkrak jumlah penerbitan pers dari 270 buah menjadi ribuan, namun oplah pers ternyata tetap atau tidak mengalami penambahan oplah dibanding sebelum era reformasi.

"Artinya, persaingan semakin ketat, karena jumlah penerbitan bertambah tapi oplah relatif tetap, karena itu penerbitan pers yang tidak sungguh-sungguh akhirnya banyak yang tutup. Meski tutup bukan berarti sia-sia, karena investasi di media tidak hanya menghasilkan uang tapi juga power dalam bentuk lain," katanya.

Ia menilai penerbitan pers akan relatif kuat jika mengembangkan nilai-nilai dan budaya yang disosialisasikan kepada semua karyawan dan tidak harus diterapkan secara formalisasi, karena formalisasi budaya atau nilai-nilai yang tercermin dari pimpinan penerbitan justru tidak baik.

Brahmasari meneliti kinerja perusahaan pers dengan tajuk "Pengaruh Variabel Budaya Perusahaan Terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Perusahaan Kelompok Penerbitan Pers Jawa Pos" dan meraih predikat Memuaskan. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  talak via sms (rosestiqoh@ya..., 29/12/2004 07:11)
kalau bisa jangan lah................talak sampai lewat sms segala,kasihan bagi yang nggk punya hp,nanti ngiri loooooooooooooooooooo,enakan langsung aja nggk sulit ini,kecuali nikahnya dulu pakai sms baru,my be can,waallah hu alam.
 
 
spacer
  
  talak via sms (dcepot@ya..., 28/12/2004 02:34)
menurut gue sih, yang melakukan talak via sms dan menghalalkannya itu adalah perbuatan orang gila, tidak berprikemanusiaan, seperti kejadian di Negeri Kedah- Malaysia. seorang pemain bolakaki Negeri Kedah dengan teganya membatalkan pernikahan melalui sms yang undangannya sudah beredar. sehingga acara kenduri tetap berlangsung tanpa adanya mempelai yang bersanding. dan dengan tenangnya tanpa merasa berdosa sedikitpun , sang pemuda menyatakan , ia membatalkan pernikahan karena masih ingin berprest... <129 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Talaknya nggak sah (rilsyah@ya..., 07/12/2004 21:34)
Talak itu baru sah bila ada 2 saksi. Jadi, tetap harus dilaksanakan secara langsung di hadapan 2 saksi. Silahkan merujuk ke fatwa ulama yang kompeten (eligible) seperti fatwa Ayatullah Sistani (www. sistani.org) yaitu:

Question:Is it necessary for divorce to be there two witnesses?

Answer:Two just men attend simultaneously and listen to the reading of divorce text is required and without doing so, the divorce would not be in order.
 
 
spacer
  
  itu nggak etis (cakbadar@ma..., 03/12/2004 17:59)
kalau talak via SMS dianggap syah itu nggak etis . masak kalau nggak di jawab berarti jatuh talaknya , itu ngawur dan bikin resah , coba kalao hp nya lagi di pinjem orang lain atau lagi hilang atau lagi rusak , masak jatuh talak . sebetulnya semakin canggih tehnonogi memang manfaatnya semakin banyak namun efek negatifnya juga semakin banyak .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 09 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer