spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Masalah Cover Kaset
Musica: Kami Lalai

Chrisye; Dengan Dua Versi Album "Senyawa" (GATRA/Edward Luhukay)Jakarta, 3 Desember 2004 00:20
Album terbaru Chrisye, "Senyawa", yang sempat ditarik dari peredaran oleh Musica Studio's, karena ada keberatan pada penggunaan nama dan visual image dua artis Sony Music Indonesia (SMI), akhirnya beredar kembali. Secara resmi, pihak Musica Studios merilis ulang versi baru album tersebut, sejak akhir November lalu.

Menurut Direktur Musica Indrawati Widjaja, yang biasa disapa Acin, kepada wartawan di kantornya, Kamis di kawasan Perdatam, Jakarta, masalah ini sudah diselesaikan dengan baik (damai) antara Musica dan SMI.

"Kita juga sudah mengganti cover kaset dan cd, inlay (gambar di bagian dalam sampul kaset/vcd, Red) gambar visual di vcd album senyawa ini. Semuanya sama, hanya tidak ada nama dan gambar visual Eross (SO7) dan gitaris Tohpati. Isi lagunya sama semua," jelas Acin.

Masalah kerugian finansial akibat penarikan dan pencetakan ulang sampul itu, Acin menjelaskan: "Ada lah, tapi itulah namanya sebuah konsekuensi dari Musica ke SMI. Acin menjelaskan bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak dengan sejumlah musisi untuk lagu-lagu ciptaan mereka di album "Senyawa" ini.

Dijelaskan, awalnya, Musica sempat meminta SMI agar mengizinkan seluruh personil Sheila On 7 untuk berduet dengan Chrisye, karena salah satu konsep dari album ini adalah duet dengan band. Tapi karena SMI berkeberatan dengan konsep tersebut, akhirnya Musica mengambil keputusan untuk terus "jalan" dengan Eross.

Chrisye & Ibu Acin (GATRA/Edward Luhukay)Pada desain cover serta visual dari album yang juga memiliki bonus vcd behind the scene-nya the making of album "Senyawa" ini, Acin membenarkan bahwa pihaknya memasukkan nama serta rekaman visual para musisi pendukung album ini, mulai dari cover depan sampai dengan isi vcd. Hal ini, menurutnya, sebagai tanda apresiasi dari hasil kerja sama dan dukungan para musisi tsb pada Chrisye.

Setelah beredar, Musica mendapat surat teguran dari SMI. Mereka keberatan jika nama Eross dan Tohpati ada di cover depan, foto, dan juga gambar-gambar visual vcd tersebut, gambar di inlay ditampilkan. Alasan Sony, karena mereka sudah terikat kontrak dengan pihaknya.

"Untuk itu, saya lalai dengan hal itu. Saya lupa. Karena saya pikir, Tohpati dan Eross ini sebagai pencipta, bukan image artisnya," kata Acin, berterus terang.

Sebagai konsekuensi, pihak Musica harus memenuhi keinginan Sony, yakni dalam waktu 2x24 jam, melakukan penarikan kaset dan cd dari peredaran. Lalu menghapus nama Tohpati dan Eross yang terdapat dalam album tersebut. Setelah hal itu dilakukan, akhirnya pihak SMI menyetujui peredaran ulang album itu. [EL]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  REAKSI SMI TIDAK SIMPATIK (ivandia@ya..., 09/12/2004 04:33)
Cover album maupun visualisasi cover & content VCD adalah 100% sesuai CONTENT, samasekali tidak ada manipulasi informasi. Reaksi SMI yang "PANIC-STRICKEN" tidak simpatik, merugikan citra SMI sendiri. MUSIC BUSINESS is like music itself; it must be composed by ear, feeling, and instinct, not by UNREASONABLE FEAR! Ivandi Asikin.
 
 
spacer
  
  Riweh juga yah... (pri3_smile@pl..., 03/12/2004 22:53)
Rupanya tidak hanya didunia politik yang ada istilah tarik menarik "di dunia seni" rupanya terjadi juga, meski tidak berlarut-larut. Emang susah segala sesuatu kalau sudah menyangkut "UANG" yang tragisnya Kawan bisa jadi Lawan, yang seharusnya bersatu menghasilkan sebuat karya. Apalagi sekarang lagi Trend "artis" sebentar-sebentar pake pengacara... jadi rame deh !. Bukannya Seni itu indah, jadi kenapa tidak dunia seni itu dijadikan indah untuk dirasa dan dinikmati.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 03 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer