Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

APA & SIAPA

Sambal Goreng Ati Nina

Sebagai orang Indonesia, tradisi Lebaran belum luntur dalam keluarga Marlina Soerakoesoemah. Ada acara sungkeman pada orangtua, ditemani hidangan khas Lebaran: ketupat dan sambal goreng ati. Nina sendiri yang mencoba resepnya.

NAMA Marlina Soerakoesoemah rasanya masih asing di Indonesia. Tetapi mungkin tidak bagi sebagian wanita muslim dunia, khususnya di Amerika Serikat. Terlebih bagi pelanggan majalah Azizah. Marlina, atau biasa dipanggil Nina, adalah editor kreatif sekaligus satu dari tiga wanita pendiri majalah muslimah satu-satunya di negara adikuasa itu.

Nina sebetulnya masih terkait erat dengan Indonesia. Putri pasangan Mohammad dan Rochana Soerakoesoemah itu lahir di Bandung, 37 tahun lalu. Sejak usia tiga tahun, ia mengikuti ayahnya yang staf Bank Pembangunan Asia ke Filipina.

Setelah lulus dari Jurusan Arsitektur Interior Universitas Oregon, Nina menikah dengan Mohamad Subagio Halimun (teman SMU, orang Indonesia). Mereka menetap di Seattle, Washington, dan dikaruniai dua putra. "Saya sempat tiga tahun bekerja di konsultan arsitektur, sebelum bertemu Tayyibah Taylor (pendiri Azizah lainnya --Red.)," katanya kepada Koesworo Setiawan dari Gatra lewat surat elektronik.

Bersama Saleem Abdulghafur, mereka mendirikan Azizah, 1999. Kini majalah yang seluruh stafnya muslimah itu dicetak 5.000 eksemplar dengan 2.000 pelanggan. Azizah yang berarti "kekuatan" atau "kelembutan" itu berniat meluruskan citra Islam, khususnya muslimah, setelah tragedi WTC, 11 September 2001.

"Syukurlah, warga nonmuslim Seattle lebih toleran," katanya. Malah, untuk pertama kali, tahun ini pemerintah memutar film berjudul Muhammad, Nabi Terakhir. Peribadatan kaum muslim pun tak banyak diusik. Ada sembilan masjid di Seattle, plus beberapa pusat kegiatan Islam. Lebaran tahun ini, salat id dipusatkan di lapangan bola Quest Field.

Sebagai orang Indonesia, tradisi Lebaran belum luntur dalam keluarga Nina. Ada acara sungkeman pada orangtua, ditemani hidangan khas Lebaran: ketupat dan sambal goreng ati. Nina sendiri yang mencoba resepnya.
ARTIKEL LAIN

Cover GATRA Edisi 03/2005 (GATRA/Tim Desain)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Astakona
Buku
Ekonomi & Bisnis
Esai
Film
Hukum
Ilmu & Teknologi
Internasional
Intrik & Meskipun Tetapi
Kesehatan
Kolom
Kriminalitas
Laporan Khusus
Laporan Utama
Multimedia
Musik
Nasional
Olahraga
Pendidikan
Perilaku
Prayojana
Rona Niaga
Seni
Serambi
Surat & Komentar
 
Created and maintained by Gatra.com