spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
APA & SIAPA
spacer
 
Kusmayanto: Program Hari Pertama, Tidur

Jakarta, 23 Oktober 2004 00:40
Dr Ir Kusmayanto Kadiman mengatakan, program hari pertama sebagai Menteri Ristek dan Teknologi adalah "tidur".

"Program hari pertama saya tidur," kata Kusmayanto Kadiman ketika ditanya wartawan tentang program 100 harinya, seusai melakukan Serah Terima Jabatan sebagai Menteri Riset dan Teknologi dari Ir Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis.

Rektor ITB sejak 2001 itu memprotes mengapa semua orang bertanya tentang program 100 hari, padahal begitu mendekati hari ke-100, dari pengalaman selama ini tidak ada lagi yang menagih alias telah melupakan pertanyaan awalnya.

"Saya mau ngobrol dulu dengan mereka (para pejabat Kementerian Ristek, Red) kasih waktu saya tiga hari kerja, kalau pertengahan minggu depan, saya bisa cerita apa kata mereka, sekarang sih nggak," kata pecinta golf dan tennis itu.

Suami Sri Sumarni yang berusia 50 tahun itu juga mengatakan merasa sakit perut dilantik menjadi Menristek, pasalnya dia merasa sudah nikmat memimpin ITB.

"Dari sebelumnya ITB merupakan PTN yang tak menentu, nggak ngapa-ngapain boleh, ngapa-ngapain tidak ada yang memuji, sekarang mulai terukur dan transparan. Saya bercita-cita ITB pada 2005 menjadi perguruan tinggi pertama yang diaudit secara publik, belum kelar saya harus `dibetot` keluar," katanya.

Selain itu, menurut pria kelahiran Bandung, 1 Mei 1954 itu, masuk ke tempat yang baru lebih mudah daripada meninggalkan yang lama, karena sudah kepalang cinta.

Ditanya soal pendidikannya, ia yang menyelesaikan S1 jurusan Teknik Fisika ITB pada 1977 itu menceritakan karena keberuntunganlah ia tidak perlu menjalani S2 dan langsung lompat menjalani S3 di Australian National University, jurusan Systems Engineering pada 1988.

"Saya nggak pakai S2, jadi langsung lompat, dengan sedikit keberuntungan, kok progresnya cepat benar lalu ditawarkan, mau nggak ke S3 langsung, tetapi kalau gagal pulang tangan kosong. Lalu empat tahun selesai," katanya.

Pria yang memiliki kredo: "saya mendengar, saya belajar dan saya berubah", itu berpengalaman sebagai Direktur Pusat Komputer ITB pada 1989-1992, Direktur Pusat Penelitian Teknologi ITB pada 1996-1998, Sekretaris Rektor ITB pada 1998-2000, dan terakhir Rektor ITB.

Ia juga banyak terlibat dalam jaringan internasional seperti menjadi anggota IEEE (Institute of Electrical Engineers), control society sejak 1988, anggota IFAC (International Federation of Automatic Control) Working Group on Computer Control sejak 1990, anggota Asian Control Professor Association (ACPA) sejak 1997.

Selain itu ia juga menjabat Ketua Asean-Europe Academic University Network (ASEA-UNINET) sejak 2002, dan Koordinator untuk ITB bagi Europe-Southeast Asia University Network (ESA-UNET) pada 1997-1999.

Sedangkan penghargaan yang diterima antara lain Dosen Teladan ITB pada 1991, dan Professional Working Ethos pada 2000 di Jakarta. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Boleh Mas Kus, Pak Kus asal jangan Bung Kus (quoted from KK, 1990) (favoritestore@gm..., 29/10/2004 07:06)
Jangan khawatir dengan jawaban Pak Kus. Saya pernah diajar oleh Pak Kus dan saya yakin dengan visi beliau. Jawaban pertanyaan yang apa adanya bukan berarti beliau tidak punya program dan visi. Ini menunjukkan bahwa Pak Kus bukan orang politik yg banyak bicara klise. Kalau anda ada usulan program yg baik, jangan segan-segan ajukan ke Pak Kus. Buat Pak Kus, selamat memajukan iptek Indonesia. Ngomong-ngomong kapan ITB buka departemen ekonomi nih??
 
 
spacer
  
  Kami menunggu respon Bapak tentang PT DI (sukamto@in..., 25/10/2004 23:27)
Selamat atas terpilihnya Bapat menjadi Menristek pada kabinet SBY - MJK atau kabinet Indonesia Baru .
Kami salah satu karyawan di PT DI sangat mengharapkan uluran/ respon Bapak untuk mempercepat perubahan dan perbaiakn industri strategis salah satunya PT DI dalam persaingan global . Agar bisa meningkatkan pangsa pasar yang Mendunia dengan high teknologi.
Baik produk maupun kesejahteraan karyawan.
Mohon dapat segera Bapak jadikan salah pertimbangan dalam mengambil suatu program seratus hari Ba... <41 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  SELAMAT BUAT PAK MENTERI (xsan375@ho..., 24/10/2004 02:47)
SELAMAT BUAT PAK MENTERI

Menduduki Pos Badan Pengembangan dan Pengkajian Teknologi yang sejak ditinggalkan Pak Habibie belum jelas arahnya kemana, sehingga pernah diberikan kepada pada partai bukan kepada "Technokrat tapi ke akhli sejarah" yang belum tentu menguasai bidangnya.

Salah satu program kabininet Indonesia Bersatu yaitu penyediaan lapangan kerja, karena itu kami mengharap pengkajian teknologi hendaknya dimilih teknologi yang akan diterapkan pada Industri di Indonesia yang mengara... <1126 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Pak Kus Tolong Iptek Indonesia (muslih70@pl..., 23/10/2004 22:49)
Pak Kus, kok Indonesia dari dulu jade konsumen melulu, kapan nih kita bikin produk sendiri, Jangan harap negeri ini maju kalau hanya mampu bikin duplikat dan assembling. Kali-kali kembangkan motor dengan khas Indonesia, ramah lingkungan dll. Indonesia mampu, gimana tuh IPTN, mau diapain, masa pabrik pesawat mau jadi pabrik kaleng krupuk (kotak KPU), IPTN itu kebanggaan kita, terus tolong yang pinter jangan sampai lari keluar negeri. ITB ama rekan mesi banyak berperan dalam mengembangkan teknolog... <72 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Kok....!!!!! (Noer_y@ho..., 23/10/2004 21:35)
Tampaknya pak menteri yang satu ini kurang enjoy dari jabatannya sekarang, bahkan dilihat dari komentarnya (bila memang benar) beliau sangat shock dan kecewa bila harus keluar dari ITB (tidak jadi rektor). Kalau benar begitu, mengapa bapak tidak bilang dari dulu ketika menjalani wawancara dengan sby, bahwa anda kelihatanya berat bila harus meninggalkan ITB walau akan jadi menteri sekalipun, saya yakin pak sby bisa memahami alasan anda dan akan mencari ganti yang lebih siap dan lebih hebat dari a... <355 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  kok setengah hati begitu ? (mustoffa1968@ya..., 23/10/2004 21:04)
Menteri adalah jabatan politis, orang duduk disana hanya satu misinya: mengabdi pada rakyat. Kalau ada rakyat yang bertanya apa yang akan engkau perbuat dalam seratus hari pertama ? tentu hal yang wajar-wajar saja. Kalau menyimak pernyataan-pernyataan Kusmayanto, sepertinya dia setengah hati menjadi menteri. Seperti ungkapannya bahwa dia merasa belum waktunya keluar dari ITB karena masih ingin membenahi ITB. Hidup ini kan pilihan-pilihan dimana dalam pilihan itu ada resiko yang harus di tanggung... <531 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 October 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdot12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer