spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
 
Euro 2004
Kampanye Capres Kalah Populer

EURO 2004 (Dok. UEFA)Denpasar, 21 Juni 2004 16:28
Antusiasme masyarakat terutama kalangan remaja dan generasi muda di Pulau Dewata (Bali) terhadap Euro 2004 cukup tinggi, bahkan antusiasme itu tampak mengalahkan kegiatan kampanye calon presiden dan wakil presiden yang berlangsung sejak 1 Juni lalu.

"Terus terang, kampanye capres dan cawapres kalah populer ketimbang Euro 2004. Hal ini dikarenakan event sepakbola bergengsi tersebut bersamaan dengan pelaksanaan perhelatan politik pemilihan pimpinan nasional," komentar Made Dartha.

Pria asal Semawang, Sanur yang mengaku sejak awal mengikuti pertandingan antartim yang berlaga di ajang Euro 2004, mengatakan itu saat ditemui menonton pertarungan Grup C antara Denmark melawan Bulgaria, Jumat tengah malam di salah satu cafe sport di kawasan Sanur, Denpasar.

Hal senada juga disampaikan Putu Budiartha yang sempat dijumpai nonton bareng di Kafe Euro NUSA 2004 milik Harian NUSA di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar.

Menurut dia, dirinya lebih tertarik menonton Euro 2004 ketimbang mengikuti perkembangan kampanye capres dan cawapres. Alasannya sederhana, karena olahraga lebih obyektif dan lebih dijamin nilai-nilai sportifitasnya, ketimbang politik yang sarat dengan kepentingan sesaat dan cenderung subyektif.

"Kalau mendengar orang kampanye, mirip seperti mendengar burung berkicau. Suaranya nyaring dan menghibur, tetapi sulit dicerna dan dipercaya. Banyak bohongnya, ketimbang benarnya," keluhnya.

Pria usia 19 tahun yang kini duduk di bangku kuliah jurusan FISIP Universitas Warmadewa Denpasar dan mengaku menjagokan tim Inggris itu, lebih jauh mengemukakan, kurang antusiasnya masyarakat mengikuti kampanye capres bisa dilihat dari jumlah mereka yang hadir pada kampanye kandidat capres di Bali.

Sebaliknya, di kafe dan pub yang tersebar di beberapa tempat, seperti Denpasar, Kuta dan Sanur, puluhan orang penuh sesak setiap malam menyaksikan pertandingan Piala Eropa. Para penggemar permainan si kulit bundar itu, tidak hanya terbatas pria, tetapi juga kaum hawa (wanita).

Perancis dan Italia
Dari pengamatan di lapangan, para pecandu sepakbola di Bali sebagian besar menjagokan tim Perancis dan Italia. Alasan mereka, kedua tim tersebut cukup solid sehingga layak tampil menjadi juara Eropa tahun ini.

Seperti dikemukakan Pimpinan Proyek Kesebelasan Persekaba Badung, Herry T Putra, dirinya menjagokan Italia karena timnya solid dan permainannya bagus di semua lini.

"Pokoknya Tim Azurri akan membuat kejutan. Saya prediksi mereka akan tampil menjadi juara Eropa tahun ini," ujar Herry, yang dikenal `gila sepakbola dan tinju`.

Sementara itu, pelatih Persekaba Dick Buitelaar mengaku kalau dirinya mengunggulkan Perancis. "Saya menjagokan Perancis kembali menjadi juara Eropa tahun ini," ujarnya.

Ditanya, kenapa sebagai warga negara Belanda dia tidak menjagokan tim Negeri Kincir Angin, ia berdalih, tim Belanda sekarang lebih lemah dibandingkan sebelumnya. "Belanda yang dulu solid, kini sudah berubah," katanya, tanpa merinci lebih lanjut.

Namun demikian mener yang sudah lama menetap di Pulau Dewata ini mengatakan, tidak menutup kemungkinan tim Belanda membuat kejutan dalam Piala Eropa kali ini. "Segalanya bisa terjadi. Tapi yang jelas, saya lebih menjagokan Perancis," ungkapnya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Setuju seribu per sen (ulat@eu..., 22/06/2004 21:16)
Aku bukannya nggak percaya dengan para capres dengan tim sukses dan janji2nya, tapi kalau ada yang lebih menghibur dan nggak bikin pusing kepala kan lebih baik. Lebih baik mengutak atik dan memprediksi juara tim EURO dari pada memprediksi siapa yang bakal lolos treshold.
Azzuri juara, senang bukan main, gak juara juga gak apa apa. Spain gak lolos ke quarter final karena kalah secara ksatria.
Ibu Megawati jatuh, syukur alhamdulillah, tapi kalau menang juga gak apa apa. Cuma apa iya mereka yang ... <128 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Rakyat Senang Realita (haris_yes@pl..., 22/06/2004 05:49)
Saya juga senang menonton siaran sepakbola... karena jauh lebih jujur apa adanya.. kalau ada pemain yang melakukan kesalahan sang wasit pun tak segan-segan mengeluarkan kartu kuning bahkan kartu merah. Pokoknya sekali semprit.... permainan akan berhenti sejenak untuk menunggu keputusan wasit. lain cerita di lapangan panggung kampanye yang ada cuma buaian saja... andai saya jadi presiden saya akan memberantas korupsi.. de el el... pokoknya pembaca juga tahu mana yang murni dan enak ditonton. Wa... <70 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 June 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer