spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
MANCANEGARA
spacer
 
Pangeran Claus Meninggal

pangeran clausAmsterdam, 7 Oktober 2002 14:36
Pangeran Claus, suami Ratu Beatrix yang menghadapi permusuhan masyarakat atas kewarganegaraan Jerman-nya karena menjadi salah satu anggota paling populer Kerajaan Belanda, meninggal dunia Minggu dalam usia 76 tahun setelah lama berjuang menghadapi penyakitnya.

Claus meninggal dunia akibat sakit Parkinson dan radang paru-paru pada pukul 19:00 waktu setempat (pukul 24:00 WIB) di rumah sakit Academic Medical Centre di Amsterdam, demikian diumumkan dinas penerangan resmi pemerintah (RVD).

Aristokrat kelahiran Jerman itu, yang mengorbankan karirnya dalam dinas diplomatik Jerman Barat karena menikah dengan Putri Beatrix tahun 1966, memperoleh penghargaan atas perjuangannya melawan sejumlah penyakit seperti kanker, Parkinson, kerusakan ginjal sebelah kiri dan depresi.

"Belanda telah kehilangan seseorang yang khusus yang mendapatkan tempat yang khusus di hati banyak orang," ujar Perdana Menteri Belanda, Jan-Peter Balkenende dalam suatu pidato di depan umum.

"Pangeran Claus mengabdikan dirinya kepada masyarakat Belanda dengan kekuatan, kesungguhan dan pengabdian sejati," tambahnya.

Claus berhasil melewati badai protes ketika ia menikah dengan keluarga kerajaan Belanda, negara yang masih merasa trauma dengan pendudukan Nazi dalam Perang Dunia Dua pada 1940-1945.

Claus von Amsberg, yang lahir 6 September 1926 di tanah milik keluarga ibunya di Jerman utara, mendapat kewarganegaraan Belanda dan menjadi seorang pendamping yang populer bagi Ratu Beatrix di Istana Oranye saat ia berhasil merebut hari rakyat dengan pesona dan semangatnya.

Beatrix dan tiga anak lakinya dari Claus, yaitu Willem-Alexander, Constantiin, dan Johan Friso, berada di sisi tempat tidurnya ketika ia menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah ia berbulan-bulan keluar masuk unit perawatan intensif rumah sakit.

Kendati kegiatannya banyak, Pangeran Claus dikabarkan tidak merasa bahagia hidupnya atas peranannya yang sebagian besar bersifat seremonial di sisi Ratu, menderita depresi mulai tahun 1980-an.

Ia juga menderita bentuk ringan dari penyakit Parkinson, suatu penyakit syaraf yang memperlambat gerakannya dan membekukan ekspresi wajahnya.

Claus masuk rumah sakit beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir ini akibat berbagai penyakit.

Penyakit yang paling akhir dideritanya ialah infeksi saluran pernafasan dan ia dirawat di unit perawatan intensif karena penyakit tersebut. [Tma, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 07 October 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer