spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
spacer
Teras BRI
spacer
BritAma BRI
spacer
spacer
Wisma Indonesia London
spacer
AQUA
spacer
panduan
Valid HTML 4.0!
sudut
spacer
spacer
spacer spacer spacer spacer spacer
TOPIK KITA HARI INI  
spacer
 
Mahasiswa Asal Timor Timur
Status Asing Fasilitas Lokal
topik-jun-13-oke

Surabaya, 13 Juni 2002 00:01
Benesia Ereana Xavier Desreis, mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga, Surabaya, bisa bernafas lega. Karena warga nega Timor Timur itu setiap semester hanya harus membayar SPP Rp 600.000. Sama dengan mahasiswa lokal. Padahal, sesuai dengan ketentuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, warga asing yang belajar di Indonesia mestinya membayar SPP US$ 1.000 per semester. Benesia, akrab dipanggil Bebe, adalah mahasiswi angkatan 1995. Untuk makan dan ongkos kuliah, ia mengandalkan kiriman dari orangtuanya, sekitar Rp 1 juta per bulan. Karena itu, kalau dikenai tarif mahasiswa asing, Bebe merasa sangat berat. "Duit dari mana?" katanya.

Di Makassar semua mahasiswa asal Timor Leste juga diperlakukan sama dengan mahasiswa lokal. Di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, yang dikenal sebagai basis mahasiswa asal Timor Timur, hal serupa terjadi. Joao Da Silva Tavares heran dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan itu. Mahasiswa asal Timor Timur yang memilih prointegrasi ini mencap kawannya yang memilih merdeka tapi menikmati fasilitas kuliah WNI sebagai calon pemimpin yang pengecut. "Mestinya mereka diperlakukan sebagai mahasiswa asing," kata mahasiswa Akademi Bahasa Asing Yogyakarta itu. [ Print | Email ]
 
   
Lomba Journalistik GATRA
spacer
spacer
YANG HANGAT
spacer
 
Piala Dunia 2002
Kafe Zinedine Zidane Digrebek Polisi
Hanoi, 13 Juni 2002 17:45
Polisi Vietnam Selatan menggrebek Kafe “Zinedine Zidane” di Ho Chi Minh City dan menahan 14 orang, termasuk wanita pemilik kafe, karena menggelar taruhan ilegal. Polisi juga menyita empat perlengkapan elektronik yang menggunakan satelit untuk menonton pertandingan Piala Dunia di kafe itu. Tapi kafe ini sama sekali tak ada hubungannya dengan bintang Perancis Zidane.
[ Print | Email ]


Aditjondro: Struktur Teritorial, Cermin Arogansi TNI
George_J_AditjondroCanberra, 13 Juni 2002 17:34
Pengamat politik George Junus Aditjondro mengatakan, Indonesia adalah sedikit negara di dunia yang memilik struktur teritorial dari pusat hingga daerah. Padahal, struktur teritorial mencerminkan besarnya arogansi TNI untuk mengendalikan kehidupan sipil.
[ Print | Email ]


Buyung: Tak Etis, Elza Dampingi Tommy
Jakarta, 13 Juni 2002 17:28

Pengacara senior Adnan Buyung Nasution mengritik kehadiran Elza Syarief dalam persidangan Pengadilan Jakarta Pusat, mendampingi kliennya, Tommy Soeharto. Menurutnya, tindakan itu sangat tidak etis, sebab Elza masih berstatus tersangka kasus penyuapan saksi.
[ Print | Email ]


 
Polda MJ Kembali Tahan Tersangka VCD “Casting Iklan Sabun”
Jakarta, 13 Juni 2002 17:21

Polda Metro Jaya menahan Daril Togas, tersangka VCD cabul “casting iklan sabun”, menyusul tiga tersangka lainnya, George Irvan, Arifin dan Budi Setyawanto. Berarti, tinggal satu lagi tersangka yang belum ditemukan polisi, yakni Bambang. Daril Togas dan Bambang disebut-sebut sebagai pemegang master rekaman VCD casting iklan sabun yang melibatkan sembilan model tersebut.
[ Print | Email ]


Pesawat MC-130 AS Jatuh, Tiga Tewas
Washington, 13 Juni 2002 17:10

Sebuah pesawat angkut MC-130 “Talon” milik Angkatan Udara AS berpenumpang 10 orang, jatuh di Afghanistan. Akibatnya, tiga penumpangnya tewas dan tujuh luka-luka. Pesawat tersebut jatuh saat lepas landas di sebuah bandara, 56 kilometer baratlaut provinsi Paktia. Penyebab jatuhnya pesawat itu masih dalam penyelidikan. Namun AU AS menyangkal kemungkinan disebabkan tembakan musuh.
[ Print | Email ]


Anak Gadis dan Bayi Suku Anak Dalam Tabu Difoto
suku anak dalamJambi, 13 Juni 2002 15:33
Jika anda ke Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi, jangan coba-coba sembarangan memotret, terutama anak gadis dan bayi Suku Anak Dalam (Kubu). Sebab, itu adalah tabu yang harus dihindari jika tidak mau mendapat kutukan dari nenek moyang. Karena itu, mereka membatasi pengunjung ke taman nasional tersebut.
[ Print | Email ]


 
spacer
sudut spacerspacer sudut spacer spacer spacer

sudut spacer spacer sudut
      diagonal GATRA MAJALAH   
  spacer spacer spacer
cov-viii-30 (Tim Desain/Gatra)
   
 
sudut   sudut
spacer

sudut spacer spacer spacer sudut
spacerspacer   
spacer
spacer spacer
nusa
 
sudut     sudut
spacer spacer

sudut spacer sudut
search calendar
<< 13 June 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer