spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Banjir Jabotabek
Stasiun KA Tanah Abang Tutup

Jakarta, 31 Januari 2002 15:33
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta menyatakan sampai pukul 14.00 WIB, Kamis, stasiun Kereta Api (KA) Tanah Abang masih tutup, sementara jalur Jakarta-Tangerang juga masih putus.

"Akibat banjir dua hari terakhir, Stasiun Tanah Abang sejak 20.10 WIB semalam (Rabu, 30/1) terendam air. Praktis tutup sampai saat ini," kata Kahumas PT KAI Daop I Jakarta, Zaenal Abidin kepada ANTARA per telepon di Jakarta, Kamis.

Zaenal tidak bisa memperkirakan kapan Stasiun Tanah Abang tersebut bisa beroperasi kembali. "Otomatis perjalanan kereta ekonomi dari kota-kota di Jawa dialihkan ke Stasiun Senen," katanya.

Sementara itu, jalur KA Jakarta-Tangerang, jelas Zaenal, juga ditutup karena rel di sepanjang kawasan Kalideres, ambles tertutup air.

Selain itu, warga di sebelum dan sesudah kawasan Kalideres tersebut, juga menutupi rel dengan barang-barang rumah tangga yang diselamatkan dari jebakan banjir sejak dua hari terakhir.

Untuk perjalanan Kereta Api Listrik (KRL) Jabotabek, tambah Zaenal, juga terganggu akibat teremdamnya dua set KRL di Depo Stasiun Manggarai hingga saat ini.

Keberlangsungan perjalangan KRL Jabotabek, khususnya untuk rute Bogor-Jakarta berkurang sekitar 16 kali perjalanan karena per set KRL yang terendam tersebut per harinya melayani delapan kali perjalanan Pulang Pergi (PP) Jakarta-Bogor.

Namun, PT KAI belum menghitung berapa perkiraan awal kerugiannya secara materil. "Segalanya masih sedang dihitung," katanya.

Perjalanan Kereta Parahyangan Dibatalkan

Zaenal juga menyampaikan batalnya lima kali perjalanan KA dari Jakarta menuju Bandung di antaranya tiga kali KA Parahyangan pukul 10.30 WIB, 16.00 WIB dan 18.30 WIB sedang dua kali KA Argogede yaitu pukul 12.30 WIB dan 20.30 WIB.

"Batalnya lima kali perjalanan kereta itu karena amblesnya bantalan rel KA sepanjang 30 meter di rute Ciganea-Sukatani karena terendam air setinggi 50 cm sejak pukul 05.30 WIB pagi tadi," katanya.

Kendati begitu, secara umum, para calon penumpang tetap dapat meneruskan perjalanannya karena bisa ikut kereta berikutnya hingga ke Purwakarta dan kemudian "dioper" dengan bus ke Sukatani dan sini diteruskan dengan KA ke Bandung.

"Hal serupa juga terjadi dari Bandung ke Jakarta," kata Zaenal sambil menambahkan bahwa pada jalur tersebut untuk perjalanan hari Kamis (31/1) biasanya memuat sekitar 70 persen dari sekitar 350 kapasitas yang ada. Zaenal berharap, jika banjir di kawasan itu sudah surut, perjalanan KA Jakarta-Bandung diharapkan bisa pulih kembali. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer