spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Penyelesaian Konflik Maluku
Jusuf Kalla: Ada Tanda Positif Menuju Perdamaian

Makassar, 31 Januari 2002 12:22
MENTERI Kordinator Kesejahteraan Rakyat H. M. Jusuf Kalla menghadiri pertemuan tertutup secara terpisah dengan dua komunitas yang bertikai yakni kelompok Muslim dan Kristiani Maluku di dua hotel yang berbeda di Makassar, Rabu malam.

Pertemuan penting yang tertutup bagi pers tersebut untuk mencari format terbaik sebelum menuju pembicaraan yang lebih tinggi yakni "Pertemuan Malino" pada tanggal 6 dan 7 Februari 2002.

Pertemuan awal di Makassar merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya oleh dua komunitas bertikai Muslim dan Kristiani dengan Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Kesra Jusuf Kalla dan Gubernur Maluku di Ambon akhir pekan lalu.

Menko Kesra Jusuf Kalla bersama Gubernur Sulsel HZB. Palaguna dan Gubernur Maluku M.Saleh Latuconsina mengadakan pertemuan dengan delegasi komunitas Muslim yang beranggotakan 15 orang di Tamalate Room Hotel Kenari Makassar.

Sedangkan pertemuan serupa juga dihadiri Menko Kesra, Gubernur Sulsel, dan Gubernur Maluku dengan delegasi kelompok Kristiani yang juga berjumlah 15 orang berlangsung di Hotel Losari Beach Makassar.

Menko Kesra Jusuf Kalla seusai pertemuan mengatakan, meski belum banyak kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan awal kedua kelompok bertikai, namun sudah ada tanda-tanda positif menuju arah perdamaian.

Pertemuan awal di Makassar, menurut Jusuf Kalla bertujuan untuk mencari solusi terbaik mengakhiri konflik bernuansa "SARA" berkepanjangan yang terjadi di Maluku sejak Januari 1999.

Sementara Gubernur Maluku Saleh Latuconsina selaku Penguasa Darurat Sipil mengatakan, pertemuan demi pertemuan yang diadakan dengan dua kelompok bertikai adalah menuju arah perdamaian.

"Kita mengharapkan dalam pertemuan di Malino nanti ditemukan format terbaik untuk mengakhiri konflik antar dua komunitas yakni Muslim dan Kristiani di Maluku," katanya.

Delegasi Muslim tiba lebih awal di Makassar pada hari Selasa, sedangkan delegasi komunitas Kristiani tiba pada hari Rabu, mereka ditempatkan pada dua hotel yang berbeda.

Begitupula dengan acara pertemuan kedua kelompok berlangsung di dua tempat yang berbeda, namun pada hari yang sama Rabu malam dan tertutup bagi pers.

Setelah pertemuan awal di Makassar kedua delegasi kembali ke Ambon dan selanjutnya pada tangagl 4 Februari 2002 mereka kembali ke Makassar, kemudian menuju meja perundingan di Malino pada tanggal 6 dan 7 Februari 2002. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer