spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Mabes TNI Akan Kirim Tim Puspom untuk Usut Kasus Theys

Jakarta, 31 Januari 2002 11:48
Mabes TNI dalam waktu dekat ini akan mengirimkan suatu tim penyidik dari Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI ke Papua sehubungan adanya dugaan keterlibatan oknum anggota TNI dalam kasus kematian Ketua Umum Presiden Dewa Papua (DPD) Theys H Eluay.

Menaggapi pertanyaan wartawan di Mabes TNI AD Jakarta, Kamis, Kasad Jenderal Endriartono Sutarto mengatakan bahwa tim Puspom TNI yang diberangkatkan Mabes TNI itu akan punya kekuatan hukum dalam menentukan seseorang (anggota TNI) bersalah atau tidak bersalah, sebagai tertuduh atau tersangka, dalam kasus kematian Theys.

Namun dia mengatakan tidak tahu kapan tim itu akan dikirim karena merupakan wewenang Mabes TNI.

Kasad juga mengatakan pihaknya memang telah mengirimkan suatu tim ke Papua yang dipimpin Komandan Pusat Inteligen TNI AD Brigjen Sardan Marbun.

Tim TNI AD itu tidak punya kekuatan hukum dalam menentukan status seseorang, dan sifatnya hanya mengumpulkan fakta untuk membantu instansi yang berwenang untuk mengungkapkan kasus Theys.

"Tim ini tidak bisa katakan apakah ada atau tidak ada keterlibatan, karena terkait kasus hukum," katanya.

"Kita berdasarkan apa yang mereka lihat, dengar, serta saksikan, tidak bisa menentukan, walau sementara ada indikasi (keterlibatan), namun itu belum suatu hal yang pasti," katanya.

Ketika ditanyakan dugaan keterlibatan anggota Kopassus, dia mengatakan tidak bisa mengatakannya, karena Panglima TNI akan mengirimkan tim Puspom TNI.

Sementara itu, keterangan yang didapat menunjukkan bahwa Komandan Satgas Tribuana (tim Kopassus) di Papua akan dijabat Letkol H Siburian (Akabri 1986) menggantikan Letkol Hartomo. Nama Satgas Tribuana bahkan direncanakan akan diubah menjadi Satgas Cendrawasih.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer