spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Arus Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Sepi

Denpasar, 31 Januari 2002 11:44
Pengalihan arus lalulintas Surabaya-Banyuwangi-Bali dari jalur utara melalui Situbondo ke jalur selatan melalui Probolinggo-Jember, mengakibatkan arus penyeberangan Ketapang-Gilimanuk nisbi sepi dibanding hari-hari normal.

"Sudah sejak tiga hari lalu, arus penyeberangan Ketapang-Gilimanuk nisbi sepi dibanding hari-hari biasa," kata salah seorang petugas PT ASDP Ketapang, Singgih Setiono, Kamis.

Nisbi sepinya arus penyeberangan di Selat Bali, dikarenakan kecilnya keinginan masyarakat untuk melakukan perjalanan luar kota, menyusul bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa kota di Jawa khususnya di Pantura Jatim.

Seperti diberitakan sebanyak 257 mobil yang sejak Selasa malam (29/1) terjebak banjir lumpur, batu, pasir dan kayu di Kabupaten Situbondo, Jatim, pada Kamis dinihari sudah berhasil dikeluarkan dari lokasi setelah anggota Polri, TNI dan masyarakat berupaya membersihkan jalan.

"Mulai Kamis dinihari sekitar pukul 00.30 WIB, semua mobil yang terjebak sudah berhasil dikeluarkan dari lokasi banjir. Namun demikian, tumpukan batu, lumpur dan kayu sampai saat ini masih belum bisa diatasi sepenuhnya," ujar Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Abdurrahman ketika dihubungi ANTARA dari Surabaya, Kamis pagi.

Ratusan mobil itu terjebak dalam lumpur campur batu dan kayu hingga setinggi satu meter. Akibatnya, selain mesinnya mati karena knalpot dan mesinnya kemasukan lumpur, banyak diantaranya kendaraan naas tersebut tubuhnya/bodi penyok tertimpa batu dan kayu.

Sebagaimana diketahui, banjir lumpur, batu dan kayu yang memenuhi jalan utama pantura Surabaya-Banyuwangi-Bali sepanjang sekitar 10 kilometer itu terjadi mulai Selasa malam meliputi daerah Kecamatan Mlandingan, Bungatan, Panarukan dan Kendit.

Selain menutup jalan dan jembatan rusak, banjir itu juga menyebabkan lumpuhnya arus lalulintas dari Banyuwangi- Surabaya dan sebaliknya.

Karena itu polisi kemudian mengambil dua jalur alternatif untuk kendaraan dari Surabaya-Banyuwangi, yakni melalui Besuki ke Arak-arak, Bondowoso dan Situbondo dan sebaliknya. Sementara alternatif kedua melalui Probolinggo ke Jember dan langsung ke Banyuwangi terus ke Pulau Dewata atau sebaliknya.

Terlambat

Manajer Operasional PT ASDP Gilimanuk, Arselan Siregar mengemukakan, hampir tiga hari lalu penyeberangan lebih banyak diisi oleh bus-bus reguler dan truk-truk sembako dari Jawa ke Bali sedangkan kendaraan pribadi nisbi kecil.

"Pada kondisi normal, arus penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk biasannya dipadati baik oleh bus reguler, truk maupun kendaraan pribadi. Namun, adanya berbagai macam bencana alam seperti banjir dan tanah longsor maka penyeberangan menjadi sepi," ujarnya.

Dalam kondisi normal, arus penyeberangan Jawa-Bali dipadati oleh sekitar 34 ribu penumpang, 300 hingga 400 unit kendaraan roda empat dan 150 sampai 200 unit kendaraan roda dua per hari.

Sementara itu, Kepala Terminal AKAP Ubung Denpasar, I Wayan Sujarka menuturkan, akibat bencana longsor di Jawa Timur serta pengalihan arus lalulintas dari jalur utara ke selatan, kedatangan bus regular dari Jawa ke Bali mengalami keterlambatan satu hingga dua jam.

"Sudah tiga hari, bus-bus reguler dari Jakarta, Bandung dan beberapa kota di Jawa mengalami keterlambatan satu sampai dua jam dari jadual normal," ungkapnya.

Meski demikian, keterlambatan itu tidak sampai menimbulkan penumpukan penumpang mengingat bus yang digunakan berbeda antara yang datang dan pergi.

Menurut dia, pada kondisi normal, rata-rata jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Ubung selama 24 jam, tercatat 3.000 sampai 3.500 orang, dengan jumlah armada yang beroperasi sekitar 120 hingga 130 bus.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer