spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Banjir Jabotabek
Yang Tidak Kebanjiran Tinggal di Rumah Saja

Jakarta, 30 Januari 2002 21:17
MASYARAKAT Ibukota Jakarta yang daerahnya tidak terkena banjir diimbau untuk tidak meninggalkan rumah agar tidak menambah kemacetan lalu lintas yang terjebak banjir.

"Ada dua saran kami, agar warga yang di rumahnya tidak terkena banjir sebaiknya tinggal di dalam rumah saja. Kecuali jika memang ada keperluan yang benar-benar mendesak," kata Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) Nabiel Makarim kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, masyarakat perlu diimbau demikian karena pada saat ini Jakarta sudah dikepung banjir, sehingga dengan mengurangi warga yang tidak terkena banjir bepergian dapat mengurangi kemacetan dijalan-jalan raya.

"Lain halnya jika daerahnya memang terlanda banjir, maka para warga otomatis harus mengungsi," katanya. Sebelumnya, Nabiel bersama sejumlah pejabat di antaranya, Mensos Bachtiar Chamsyah dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Makbul Padmanagara, telah memantau sejumlah lokasi banjir di kawasan Jabotabek berikut kemacetan lalu lintas di berbagai ruas jalan raya dengan menggunakan helikopter.

Bantuan Makanan Matang

Lebih lanjut Meneg LH mengimbau kepada warga masyarakat yang ingin membantu saudaranya yang terkena musibah banjir, sebaiknya bantuan tersebut berupa makanan yang sudah matang, seperti nasi bungkus, roti dan lain sebagainya.

Jadi, katanya, jangan lah para korban banjir itu dikirimi beras atau mie instant yang untuk mengkonsumsinya harus memasak terlebih dahulu.

Hal itu dikarenakan para korban banjir tersebut sudah tidak bisa lagi memasak makanannya akibat rumahnya terendam banjir.

"Untuk warga yang bermukim di kawasan terkena banjir, mohon mereka dibantu dengan membawa makanan yang telah matang. Jadi kirimi saja nasi bungkus, roti atau makanan jadi lainnya," ujarnya.

Pada bagian lain, Meneg LH menjelaskan bahwa pihaknya bersama sejumlah menteri terkait akan terus memantau bantuan yang diberikan kepada para korban banjir.

"Kita juga akan mengecek apakah perahu-perahu karet bantuan marinir sudah digunakan secara maksimal atau belum," ia menambahkan. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer