spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Banjir Kalimantan Barat
Pedalaman Kalbar Sudah Sepekan Banjir

Pontianak, 30 Januari 2002 13:47
HINGGA sepekan ini banjir yang melanda wilayah sebagian pedalaman Kalimantan Barat (Kalbar) belum ada tanda-tanda akan menyusut. Bahkan di Kabupaten Landak, arus air makin kuat dan sedikitnya merobohkan 20 gedung Sekolah Dasar (SD).

Ribuan rumah kini dalam keadaan rusak berat diterjang air. Menurut data di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Rabu, tercatat 3.600 keluarga telah diungsikan di sejumlah kantor pemerintah, rumah keluarga. Diperkirakan sebagian warga setempat belum sempat menyaksikan rumahnya lantaran masih bekerja di hutan.

"Kemungkinan mereka masih banyak bertahan di hutan," ungkap seorang warga. Jumlah korban banjir di daerah tersebut kemungkinan masih bertambah terus. Bupati Landak, Cornelis menurunkan bawahannya untuk melakukan pendataan di kecamatan Air Besar, Menyuke, Sengah Temila dan Meranti, yang merupakan daerah paling parah.

Pemda mengimbau kepada warga agar waspada terhadap kemungkinan berkembangnya penyakit. "Dampak lain banjir adalah kurangnya pangan bagi warga setempat, kata Kabag Humas Wolter Koyongian. Kemarin, Pemda setempat telah menyalurkan bantuan 8 ton beras, tiga ton bantuan PTP XIII.

Musibah yang sama juga terjadi di Kabupaten Sanggau. Hingga kini genangan air masih terlihat di sudut kota. Ketinggian permukaan air di lapangan bola, yang berada di pusat kota, mencapai 2 meter. Belum ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut.

Kota Pontianak juga dilanda banjir. Kota "hantu" tersebut sejak pagi tergenang bukan disebabkan hujan deras, tapi air pasang laut yang secara periodik datang setiap tahunnya.

Beberapa ruas jalan tergenang banjir. Sebagian sekolah, seperti di Jalan Kom Yos Sudarso -- yang lokasinya berdekatan dengan Sungai Kapuas -- telah memulangkan sebagian muridnya lantaran ruangan tergenang air.

Bukan mustahil jika hujan datang, yang dibarengi air pasang, Pontianak bakal banjir seperti juga di daerah hulu Kalbar.

Kemungkinan itu didasari atas perkiraan ramalan BMG Pontianak bahwa selama sepekan ini akan turun hujan lebat. Pemda kota Pontianak telah mengingatkan warganya agar berhati-hati. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer