spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Banjir Jawa Timur
Jalur Pasir Putih Situbondo Terendam Lumpur

Situbondo, 30 Januari 2002 12:32

HUJAN deras yang mengguyur kawasan Situbondo, Jawa Timur, dan sekitarnya sejak Selasa (29/1) sore hingga kini telah mengakibatkan jalur lalu lintas di kawasan Pasir Putih terendam lumpur setinggi satu meter.

"Dengan kejadian itu jalur yang menghubungkan Surabaya-Banyuwangi melalui pantai utara terputus sehingga perlu dialihkaan melalui jalur alternatif," kata Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Abdurrahman, yang dihubungi melalui telepon di Situbondo, Rabu.

Selain itu, satu korban meninggal dan satu lainnya hilang. Korban hilang dan meninggal dunia tersebut hingga kini belum diketahui identitasnya.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Situbondo dan sekitarnya sejak Selasa (29/1) sore hingga kini menyebabkan tanah tebing yang berada di tepi jalan antara Surabaya-Banyuwangi longsor.

Akibatnya, longsoran tanah bersama air hujan tersebut menutup badan jalan yang lalu lintasnya padat. Sekitar 100 kendaraan berbagai jenis seperti truk, bus maupun kendaraan pribadi terjebak dalam banjir lumpur itu.

"Mereka sebenarnya sudah kami ingatkan agar tidak melanjutkan perjalan melintasi kawasan Pasir Putih, tapi mereka tampaknya memaksakan diri sehingga kendaraan mereka terendam lumpur," kata Abdurrahman.

Arus lalu lintas dari Banyuwangi ke Surabaya untuk sementara dialihkan melalui Jember, sedangkan arus lalu lintas dari Surabaya ke Banyuwangi dialihkan melalui Probolinggo-Lumajang-Jember atau melalui Arak-arak, Bondowoso.

Untuk membersihkan lumpur yang kini bertambah tinggi karena hujan belum reda, aparat terkait di Situbondo telah menyiapkan dua alat berat bolduzer guna menyingkirkan lumpur yang menutup jalan.

Abdurrahman memperkirakan, untuk membersihkan jalur lalu lintas di kawasan Pasir Putih tersebut membutuhkan waktu cukup lama. "Mungkin memakan waktu dua hari," katanya menambahkan.

Sementara itu, jalur lalu lintas di kawasan Rejoso, Pasuruan, juga masih terendam banjir akibat luapan air laut. Beberapa warga setempat mengamankan diri di tepi jalan raya. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer