spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kado Tahun Baru 2002 di Palu, Bom Meledak di Empat Gereja

Jakarta, 1 Januari 2002 12:26
Pergantian tahun 2001-2002 di Palu diwarnai dengan peledakan bom di empat gereja mengakibatkan sejumlah umat kristiani gagal melasanakan kebaktian menyambut Tahun Baru 2002.

Ledakan bom terakhir yang meledak di halaman Gereja Pantekosta Jalan Gajah Mada Selasa pagi pukul 09:30 Wita terbilang keras, terdengar hampir seluruh kota Palu.

Akibat ledakan dahsyat itu beberapa kaca di bagian depan gereja berlantai dua itu dan bangunan di sekitar pecah serta meminta korban seorang anggota polisi, Baratu Yani Afianto.

Afianto luka di kepala dan mata kirinya nyaris keluar terkena serpihan bom yang meledak saat bersama dua kawan yang lain sedang berusaha menjinakan senjata pemusnah itu setelah menerima laporan dari dua penjaga geraja itu, Darman (27) asal Poso dan Melkianus (28) dari Timtim.

Pada saat bom itu meledak jemaah gereja satu-satunya di bagian barat kota Palu itu belum berdatangan.

Menurut anggota polisi yang ditemui di tempat kejadian bom yang meledak di halaman gereja Pantekosta Palu ini termasuk jenis berbahaya karena menggunakan peralatan "timer".

"Bom di gereja Pantekosta termasuk jenis bom berbahaya karena menggunakan pengatur waktu," katanya.

Menurut polisi peralatan pengatur waktu itu telah ditemukan petugas dan kini dijadikan petunjuk untuk mengungkap kasus tersebut.

Tiga bom sebelumnya meledak hampir bersamaan waktunya Senin malam beberapa menit menjelang pergantian tahun 2001-2002.

Ketiga bom itu masing-masing meledak di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Pattimura, Gereja Advent di Jalan Setia Budi, dan Gereja Pantekosta Indonesia Eklesia di Jalan MH Thamrin.

Ledakan ketiga bom tersebut selain menimbulkan kerusakan bangunan juga membuat warga di sekitar tiga gereja ini lari berhamburan keluar rumah karena ketakutan.

"Betul-betul ledakannya sangat keras, sampai menggetarkan toko kami yang berjarak lebih 20 meter," kata seorang pelayan rental VCD yang berhadapan dengan Gereja Advent di Jalan Setia Budi.

Sementara ledakan bom di Gereja Pantekosta Eklesia yang terdengar hingga radius 500 selain menimbulkan kerusakan bangunan juga mengakibatkan seorang cedera ringan bernama Felix, jemaah kebaktian menyambut pergatian tahun.

Sedangkan ledakan bom di Gereja Kristen Indonesia Maesa hanya merusak sebagian kaca dan pagar gedung bagian depannya.

Menjelang insiden ledakan bom tersebut di sekitar empat gereja itu tak terlihat orang-orang mencurigakan, kecuali lalu-lalang kendaraan bermotor warga kota Palu yang sibuk memeriahkan acara pergantian tahun di berbagai tempat.

"Bisa jadi kejadian ini ulah pihak ketiga yang ingin mempekeruh kondisi kamtibmas di Sulteng yang mulai kondusif akibat kerusuhan Poso dan Pasar Masomba," kata Vence, warga Palu Timur.

Pihak kepolisian belum bersedia memberikan keterangan rinci mengenai kasus ini.

"Saya belum dapat memberikan keterangan, nanti sajalah," kata Kapolda Sulteng Brigjen Drs Zainal Abidin Ishak saat ditemui di salah satu lokasi kejadian.

Kapolda Ishak baru kembali dari Tentena, Kabupaten Poso menyertai Gubernur Sulteng Aminuddin Ponulele menghadiri acara pergantian tahun yang diselenggarakan masyarakat di kabupaten konflik bernuansa SARA itu.

Suasana kamtibmas di Palu mulai terusik ketika sekelompok massa yang bringas membakar Pasar Masomba Jumat malam dan Sabtu siang pekan lalu sebagai buntut dari penikaman anggota polisi Aipda Zakir Mosi saat sedang melakukan penertiban di kawasan penjual ikan.

Akibat kerusuhan tersebut kegiatan jual beli di pasar terbesar kedua di kota Palu itu terhenti total.

Hanya beberapa pedagang nekat berusaha menjajakan dagangannya di badan jalan di luar kompleks karena seluruh areal pasar itu hingga Selasa (hari keempat) masih diblokade petugas.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2002 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer