spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Kongres Umat Islam
Tiga Pesertra Kongres Umat Islam Makassar Jadi Korban Bom

Makassar, 31 Desember 2001 04:28
Tiga orang peserta Kongres II Umat Islam Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu malam, jadi korban ledakan bom di ruang makan Asrama Haji Sudiang Makassar tempat dilaksanakannya Kongres yang dibuka oleh Menko Kesra Jusuf Kalla,
Sabtu.

Ketiga korban mengalami luka serius tersebut masing-masing Bahar, Anton, dan Toha saat ini dirawat secara intensif di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.

Bom rakitan yang meledak diruang makan di dalam kompleks Asrama Haji sekitar pukul 19:30 beberapa saat setelah Sholat Magrib, bahkan sebagian peserta Kongres masih berada di dalam masjid yang berjarak sekitar 25 meter dari lokasi ledakan.

Bom tersebut berada dalam bungkusan bersama dengan nasi doz yang diantar oleh perusahaan catering yang menyediakan makanan bagi peserta kongres.

Akibat ledakan dahsyat tersebut, kaca pemisah antara ruang makan dan tempat menyimpanan makanan hancur berkeping-keping, serpihan bom dan pecahan kaca jendela tampak berserakan di lantai kamar berukuran 5X4 meter tersebut.

Tim Penjinak Bahan Peledak Brimob Polda Sulsel melakukan penelitian terjadinya ledakan tersebut yang mengagetkan sekitar 2.500 peserta Kongres.

Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Firman Gani bersama Kapoltabes Makassar Kombes Pol. Drs. Amin Saleh beberapa saat setelah ledakan meninjau TKP dan langsung melaporkan peristiwa ledakan tersebut melalui HP ke Kapolri Jenderal Da'i Bachtiar.

Dua petugas di ruang makan tempat meledaknya bom telah dimintai keterangan malam itu, sedangkan delapan karyawan perusahaan catering juga akan dimintai keterangan.

Kapolda Firman Gani memerintahkan jajarannya mengusut tuntas ledakan bom tersebut dan segera meminta keterangan pengelolah catering dan delapan karyawan, maupun sopir mobil pengangkut makanan ke Asrama Haji Sudang.

Semua pintu masuk Asrama Haji dijaga ketat oleh petugas, hanya mereka yang memiliki tanda peserta yang diizinkan memasuk areal Asrama Haji.

Sedangkan peserta Baru diizinkan memasuki ruang makan setelah semua bungkusan makanan diperiksa oleh tim Jihandak Brimob Polda Sulsel. Hingga berita ini dibuat pukul 00.29 Kapolda Firman Gani bersama Kapolrabes Amin Saleh masih berada di TKP. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer