spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Tahun Baru 2002
Ratusan Pecinta Alam Ber-Tahun Baru Di Puncak Ciremai

Kuningan, 31 Desember 2001 10:19
BANYAK cara yang dilakukan orang untuk merayakan malam pergantian tahun. Mulai yang merayakannya di jalanan, di lapangan, di hotel, di tempat hiburan, di rumah bahkan di puncak gunung sekalipun. Seperti yang dilakukan oleh
ratusan hingga ribuan orang pecinta alam yang kini mulai merangsek untuk mendaki puncak Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Keterangan yang dihimpun ANTARA di posko Palutungan dan Linggarjati, Kuningan hari Minggu menyebutkan, ratusan pecinta alam yang terdiri dari remaja dan pemuda dengan segala perlengkapannya mereka mendaki gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut, yakni sekitar 3.078 meter diatas permukaan laut (dpl).

Para pendaki itu tampak terlihat ceria manakala tengah berkumpul di posko pertama sebelum melanjutkan perjalanan ke
puncak gunung, dengan membawa tas ransel berisi perlengkapan camping, mereka juga melengkapi diri dengan membawa tenda parasut atau plastik warna warni.

Mereka datang dari berbagai kota di Jawa Barat, bahkan ada diantara mereka yang sengaja datang dari Jakarta dan Jawa Tengah hanya untuk mendaki gunung dan merayakan pergantian tahun, di puncak gunung, dengan gaya serta cara mereka sendiri.

Bagi mereka yang sudah berpengalaman naik dan turun gunung, untuk mendaki puncak gunung Ciremai tidak terlalu bermasalah. Namun bagi para pemula perlu ekstra hati-hati, karena selain puncaknya cukup tinggi, juga jalan menuju puncak tersebut cukup terjal dan mwembahayakan.

Apalagi dengan cuaca di sekitar kawasan gunung tersebut sering diguyur hujan dan berkabut serta kondisi suhu yang ekstrim di malam hari, sehingga untuk menghadapi tantangan alam seperti itu para pendaki perlu membawa perlengkapan yang memadai serta makanan yang berkalori tinggi.

Amran (20), pendaki asal Bandung yang ditemui ANTARA mengatakan, untuk kedua kalinya sejak tahun 2000 ia naik ke puncak Gunung Ciremai guna merayakan pergantian tahun bersama rekan-rekannya yang sengaja datang jauh-jauh dari "Kota Kembang".

"Kami sengaja melakukan pendakian gunung ini untuk merayakan malam pergantian tahun di Puncak Ciremai, bahkan tahun lalu kami juga sempat merayakannya di puncak gunung tersebut. Dengan cara seperti itu, kami merasa memiliki kebanggaan tersendiri dibandingkan dengan merayakannya di kota," katanya.

Menurut dia, di puncak gunung dengan suasana sunyi dan gelap serta dingin, mereka dapat lebih khidmat dalam merenungi perjalanan hidup yang saat ini dinilai mereka sudah tidak karuan. "Mudah-mudahan dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta melalui ciptaan-Nya seperti gunung ini, kami dapat lebih tenang dalam menghadapi permasalahan hidup ini," ujar Amran.

Sementara itu Ketua LSM AKAR Kuningan Avo Juhartono kepada wartawan di Cileuya, Cimahi Kuningan, Sabtu (29/12) mengatakan, saat ini jumlah pendaki Gunung Ciremai yang sengaja untuk merayakan pergantian tahun di puncaknya sekitar ribuan orang.

"Mereka selain mengambil jalur dari pintu masuk Palutungan dan Linggarjati, Kuningan, juga ada beberapa diantaranya yang masuk lewat jalur Majalengka. Untuk itu kami kini tengah membentuk tim pemantau termasuk tim SAR guna mengantisipasi kemungkinan ada korban," katanya.

Menurut Avo, tidak semua pendaki mengerti dan membawa perlengkapan pendakian sebagaimana mestinya, sehingga untuk itu pihaknya melakukan pemantauan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dapat menimpa para pendaki tersebut.

Dikatakannya, jumlah korban tewas di puncak gunung tersebut akibat tersesat maupun yang terjerumus ke jurang kawah Ciremai sejak tahun 1990 hingga kini sudah mencapai sebanyak 20 orang pendaki.

"Guna mengantisipasi adanya korban lagi, pihak LSM dan organisasi pecinta alam lainnya yang ada di Kuningan, Cirebon
dan Majalengka, kini tengah membentuk tim SAR dengan segala perlengkapannya," ujar dia.

Menurut dia, jumlah pendaki Gunung Ciremai setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, karena gunung tersebut memeiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan gunung lainnya di Jabar, selain memiliki ketinggian sekitar 3.078 meter dpl, juga memiliki pemandangann yang indah dengan hamparan padang bunga edelweis yang saat ini tengah berbunga. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer