spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kemelut di PKB
Matori: Insya Allah Presiden Akan Hadir Dalam MLB PKB

Jakarta, 31 Desember 2001 06:10
KETUA Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Matori Abdul Djalil menyatakan keyakinannya bahwa Presiden Megawati Soekarnoputri akan hadir dalam pembukaan Musyawarah Luar Biasa (MLB) PKB di Jakarta 14 Januari.

"Insya Allah Presiden akan hadir dalam pembukaan MLB. Dengan kehadiran Presiden artinya pemerintah melihat siapa yang melakukan pendekatan berdasarkan aturan dan konstitusi," kata Matori, yang juga Menteri Pertahanan RI, dalam wawancara akhir-tahun di Jakarta, Ahad.

Ditanya andaikata Presiden tidak akan hadir dalam MLB PKB pimpinan Matori maupun MLB PKB pimpinan Alwi Shihab apakah konflik PKB akan terus berlanjut, Matori menyatakan keyakinannya bahwa Megawati adalah pemimpin.

"Menurut orang Jawa, apa yang diucapkan pemimpin itu 'sabdo pendito ratu', maksudnya tidak mungkin hari ini bilang a besok bilang b. Itu tidak mungkin. Sebab itu saya yakin seyakin-yakinnya bahwa sebagaimana disampaikan Ibu Megawati kepada saya bahwa beliau akan hadir dalam pembukaan MLB PKB 14 Januari," tegasnya.

Matori juga menyatakan keyakinannya, kehadiran Presiden Megawati dalam MLB PKB 14 Januari tidak akan menimbulkan kontroversi bahwa pemerintah ikut campur-tangan.

"Ini bedanya. Bagaimanapun pemerintah harus menetapkan satu pilihan. Pemerintah tidak boleh tidak punya pilihan dan tidak punya pendapat. Hanya dalam berpendapat dan menetapkan pilihan, pemerintah yang demokratis berbeda dengan pemerintah yang tidak demokratis. Pemerintah yang atas dasar kekuasaan berbeda dengan pemerintah yang berdasarkan hukum. Saya yakin kalau toh mengambil keputusan apapun, pertimbangan-pertimbangan hukum akan senantiasa dijadikan landasan keputusan," katanya.

Karena itu, kata Matori, kalau pemerintah menghadiri MLB, tentu berdasarkan pertimbangan hukum yang benar. "Maka itu kami kira orang tidak bisa mengatakan pemerintah telah melakukan campur-tangan."

Ia menyatakan, seluruh cabang dan wilayah PKB termasuk para ulama dan kader-kadernya, mendukung pelaksanaan MLB yang akan berlangsung 14-16 Januari. Insya Allah, MLB nanti akan dihadiri peserta dari 300 DPC dan 29 DPW, ujarnya.

Kenyataan itu, menurutnya, menunjukkan bahwa ia tidak lagi sendirian. Pada Sidang Istimewa (SI) MPR ia berketetapan untuk mengikuti sidang-sidang SI meskipun kemudian ia dipecat oleh Ketua Dewan Syuro PKB. Kini, kader-kader PKB yang duduk di DPR kembali ke DPR meskipun sebelumnya dinyatakan DPR adalah haram. "Ini menunjukkan langkah saya yang menurut saya benar diikuti banyak orang," ujarnya.

Ditanya tentang adanya dua kubu dalam PKB, sementara kubu PKB Alwi Shihab acap menuding negatif PKB yang dipimpinnya, Matori mengatakan, 'saya sementara diam, tapi akhirnya yang diam yang akan muncul di perkmukaan.'

Matori mengaku, terhadap berbagai pernyataan yang menyudutkannya ia berusaha tidak menanggapi. "Terhadap DPR yang dikatakan haram pun, tapi kan akhirnya DPR yang benar, sehingga PKB masuk lagi dan tidak lagi menganggap DPR haram, tapi halal."

Matori pun menyatakan keyakinannya, pada akhirnya semua kader PKB akan bergabung, tapi itu perlu proses. "Dulu tidak satu ulama pun menganggap langkah saya benar. Sekarang banyak ulama yang mendukung saya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, akan menjelaskan apa-apa yang dia lakukan selama ini dalam berpartai maupun dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara dalam MLB mendatang.

Dalam rangka rujuk kader partai, ia mengakui akan melakukan langkah-langkah pendekatan kekeluargaan. "Bagi saya pada akhirnya semua orang bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Karena itu saya yakin, simpatisan massa PKB cukup peka terhadap mana yang benar dan mana yang salah, sehingga proses menuju persatuan akan terjadi," katanya.

Tentang adanya dua kubu dalam PKB, terus terang Matori mengatakan, ia tidak mengharapkan. "Tapi kalau mereka tetap ngotot mendirikan partai tandingan, saya yakin tidak ada yang mendukung," katanya. Lho, jadi yang tandingan itu yang mana? [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer