spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Pengumpulan di Poso Senjata Efektif 7 Januari 2002

Palu, 26 Desember 2001 13:34
Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisis Zainal Abidin Ischak mengatakan rencana pengumpulan semua senjata api (senpi) organik dan rakitan dari semua faksi yang bertikai di Poso, Sulawesi Tengah, efektif dilakukan aparat keamanan satu bulan terhitung sejak tanggal 7 Januari 2002.

"Sampai sekarang belum ada perubahan jadwal tentang kegiatan tersebut," kata Kapolda Ischak di Palu, Rabu.

Ia mengatakan sasaran operasi itu tidak hanya terbatas pada senpi daan senjata rakitan tetapi juga amunisi dan bahan peledak apa saja.

"Senjata peluncur dan alat penikam/pembunuh seperti badik, golok rencong karena tidak sesuai peruntukannya juga akan diambil," kata Ischak, seraya menambahkan, termasuk berbagai alat pemukul yang digunakan untuk tindakan kekerasan.

Operasi pengumpulan senjata di Poso akan dilakukan secara sukarela mulai dari tingkat desa yang kemudian dikumpulkan di pos-pos keamanan terdekat dan selanjutnya diserahkan ke Polres Poso

"Pelaksanaan operasi tersebut satu komando di bawah kendali Dansatgas Operasi Terpadu Sintuwu Maroso yang berada dibawah kendali Kapolda Sulteng," katanya seraya menyatakan tak setuju istilah pengumpulan senjata disamakan dengan sweeping senjata.

Bila situasi kamtibmas di Poso secara mendadak tidak kondusif untuk melakukan kegiatan tersebut Kapolda selaku Dansatgas Operasi Terpadu akan mempertimbangkannya.

"Bila situasinya tidak memungkinkan, selaku komandan operasi, saya akan mempertimbangkannya, mamun mudah-mudahan hal itu tidak terjadi," katanya.

Personil keamanan di Poso kini berjumlah lima bataliona terdiri atas tiga batalion Polri dan dua batalion TNI.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 31 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer