spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
MANCANEGARA
spacer
 
Demokrasi
Menteri Kehakiman Nigeria Ditembak Mati

Lagos, 24 Desember 2001 20:27
MENTERI Kehakiman Nigeria Bola Ige ditembak mati oleh para penyerang tidak dikenal, kata salah seorang politisi yang dekat dengannya Senin di tengah-tengah laporan pertikaian dalam partai politik sang menteri.

"Benar ia tewas. Saya menegaskan kepada anda bahwa ia tewas Minggu malam dan itu sungguh disesalkan," kata Cornellis Adebayo, mantan gubernur negara bagian Kwara dan seorang politisi yang dekat dengan Ige kepada AFP.

Ige, 71 tahun, politisi yang terkenal dan pengecam para penguasa militer sebelumnya, ditembak mati Minggu malam di Ibadan, ibukota negara bagian Oyo, tulis suratkabar-suratkabar di halaman depan mereka hari Senin.

Ige, teman dekat dan orang kepercayaan Presiden Olusegun Obasanjo, adalah politisi paling senior yang dibunuh sejak demokrasi ditegakkan kembali di Nigeria Mei 1999.

Gubernur negara bagian Oyo, Lam Adesina, sahabat dekat politik menteri yang dibunuh itu, mengemukakan kepada suratkabar Nigerian Tribune bahwa Ige ditembak mati oleh pria-pria yang tidak dikenal pada pukul 21:15 waktu setempat( 03:15 WIB Senin) dam meninggal di sebuah Rumahsakit Katolik Roma.

Ige, yang juga dianggap sebagai pemikir yang blak-blakan dan punya pengaruh politik, menjadi gubernur sipil negara bagian Oyo antara tahun 1979 dan 1983, pada masa terakhir pemerintah sipil.

Ketika Obasanjo berkuasa tahun 1999 di bawah tiket Partai Demokratik Rakyat (PDP) yang berkuasa, ia mengangkat Ige, anggota saingan dari Aliansi bagi Demokrasi (AD) menjadi menteri tenaga listrik dan baja. Obasanjo kemudian memindahkan dia ke Kementerian Kehakiman.

Ige terlibat dalam kemelut politik yang menimpa partai AD nya, khususnya krisis di negara bagian Osunnya.
Ia biasanya dianggap "wali" politik dari gubernur negara bagian Oyo, Risi Akande, yang bertikai dengan deputinya, Iyiola Omisore. Ketika Ige menjadi gubernur negara bagian Ooyo, Akande adalah deputinya.

Para pendukung Omisore menuduh Ige memanasi krisis politik di negara bagian itu. Odunayo Olagbaju, seorang anggota DPR negara bagian Osun dan pendukung setia Omisore dibunuh Rabu pekan lalu di kota Ile-Ife oleh orang-orang yang diduga adalah para simpatisan gubernur itu.
Pertikaian politik antara Akande dan Omisore memecahbelah partai Aliansi bagi Demokrasi itu. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer