spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kartu Natal Dari Timor Timur
Uskup Belo Kirim Ucapan Selamat Idul Fitri Dan Natal

Kupang, 24 Desember 2001 21:07
Pemimpin umat Katolik Dioses Dili, Timor Lorosae, Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo, SDB mengirimkan kartu ucapan Selamat Idul Fitri 1422 H dan Natal 25 Desember 2001 bagi umat Islam dan Kristiani, baik pengungsi
maupun warga lokal di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan Bupati Belu, Drs Marsellus Bere, di Atambua, Senin, setelah menerima kartu ucapan selamat dari Uskup Belo.

"Pemerintah dan rakyat Kabupaten Belu telah menerima ucapan Selamat Idul Fitri 1422 H dan Natal 25 Desember dari Uskup Belo. Ini merupakan bukti kerendahan hati seorang pemimpin agama yang ingin melihat ke masa depan hubungan persaudaraan dalam iman yang sama kepada Allah Yang Esa," katanya.

Dikatakan, melalui kartu ucapan selamat itu, Uskup Belo menyatakan bahwa dirinya dengan hati yang ikhlas menyampaikan limpah terimakasih kepada seluruh rakyat di wilayah perbatasan NTT yang telah banyak berkorban bagi keselamatan para pengungsi asal Timtim.

"Kami menyadari bahwa pengorbanan masyarakat perbatasan NTT bagi para pengungsi Timtim merupakan hutang budi yang tak terlupakan. Kiranya semangat persaudaraan di antara masyarakat NTT dengan Timor Lorosae tetap dibina pada masa yang akan datang," tulis Uskup Belo.

Belo juga mengungkapkan rasa gembiranya ketika menyaksikan kelancaran proses rekonsiliasi dan repatriasi pengungsi Timtim ke tanah kelahiran mereka di Timor Lorosae. Semua keberhasilan itu berkat kerjasama dan pengorbanan seluruh rakyat Indonesia, Pemerintah dan pimpinan serta para prajurit TNI dan Polri.

Kepada pimpinan TNI, Uskup Belo mengucapkan selamat atas upaya keras membangun paradigma baru TNI sesuai tuntutan zaman yakni tampil sebagai pengayom rakyat, penegak demokrasi dan HAM.

Ungkapan rasa sykur dan terimakasih serta harapan untuk melestarikan hubungan persaudaraan sejati antara masyarakat Indonesia dengan Timor Lorosae yang ditulis melalui berbagai kartu ucapan selamat itu dikirim juga kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI William T. da Costa dan Gubernur NTT, Piet A. Tallo.

Selain itu dikirim juga kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen TNI Kiki Syahnakri, Danrem 161/Wira Sakti Kol Inf M. Moesanip dan Kapolda NTT, Brigjen Pol Jacki Uly.

Seorang tokoh pengungsi, Salustiano de Sousa mengatakan, para pengungsi merasa senang dan puas setelah mengetahui bahwa peraih Nobel Perdamaian 1996 Uskup Belo telah berkirim surat dan ucapan selamat Idul Fitri dan Natal bagi pemerintah dan masyarakat NTT serta para petinggi TNI dan Polri di sini.

"Kami senang dan bangga mendengar bahwa Uskup Belo telah mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri 1422 H dan Natal serta berbagai komentar di dalam surat itu. Ini membuktikan kerendahan hati seorang pemimpin umat beragama yang mau melihat ke masa depan dengan belajar dari pengalaman masa lalu," katanya.

Dikatakan, kini tiba saatnya bagi pengungsi untuk pulang ke Timor Lorosae dan ternyata Uskup Belo telah memanfaatkan momentum yang tepat ini untuk menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada rakyat dan Pemerintah Indonesia khususnya di wilayah NTT.
Jika Uskup Belo mengirim ucapan selamat kepada petinggi TNI dan Polri berarti dia ingin melihat TNI dan Polri dalam sosok yang baru yakni TNI dan Polri yang mengayomi rakyat, pejuang dan penegak demokratisasi dan HAM.

Ucapan terimakasih dari seorang pemimpin agama seperti Uskup Belo justeru sangat diharapkan para pengungsi di semua kamp karena dapat menyejukkan hati dan mempercepat proses rekonsiliasi menyeluruh rakyat Timtim dan repatriasi semua pengungsi. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer