spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Kecelakaan Pesawat
Bandara Jambi Lumpuh Ratusan Penumpang Kecewa

Jambi, 24 Desember 2001 17:05
Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi lumpuh total akibat musibah amblasnya roda bagian belakang sebelah kiri pesawat Merpati yang melayani rute Jambi-Jakarta dengan nomor penerbangan MZ-111 pada bagian ujung landasan pacu bandara, Senin, pukul 11:05 WIB.

Pilot Merpati MZ-111, Amanto Stersna yang ditemui di samping badan pesawat naas itu di bandara Sultan Thaha Jambi, Senin, membenarkan, terbenamnya roda bagian pesawat akibat pondasi atau kondisi landasan mengalami pergeseran akibat pondasi yang kurang kuat.

"Saya tidak memperkirakan kondisi roda pesawat akan mengalami musibah, karena posisi ban sebelah luar tepat berada pada garis batas atau putih diatas aspal yang merupakan landasan pacu bandara," kata Amanto.

Ia menolak berkomentar, tentang kemungkinan pondasi atau dasar landasan yang tidak layak atau tidak kuat untuk dilalui pesawat, namun kenyataan yang ada cukup membuktikan bahwa kondisi dasar tanah yang merupakan sarana vital bagi pesawat untuk mendarat dan terbang dapat dilihat dengan kejadian ini.

Kepala Bandara Sultah Thaha Jambi, Drs.M.Sidabutar yang berada di lokasi membantah, kondisi fisik atau dasar dari landasan pacu yang tidak kuat.

Ia malah menilai kejadian naas yang menimpa pesawat merpati itu diakibatkan pilot terlalu jauh menjalankan pesawatnya di luar garis batas yang ditentukan.

"Anda bisa lihat sendiri, roda pesawat sekarang ini, namun kita bersyukur tidak ada korban jiwa" kata Sidabutar sembari menyatakan pihaknya menunggu koordinasi dari Bandara Jakarta untuk melakukan penanggulangan pada pesawat naas itu.

Ia mengakui, kondisi pesawat Merpati yang naas itu telah membuat bandara Sultan Thaha Jambi macet total, dan beberapa penerbangan lanjutan yang dilakukan Mandala dan Pelita terpaksa ditunda, dan sekitar 300 orang calon penumpang kecewa akibat kondisi pesawat naas yang masih di ujung landasan pacu.

Budiman (45) penumpang Merpati yang naas itu mengaku, kecewa atas pelayan Merpati Jambi yang tidak memberikan arah dan komentar tentang jadwal perubahan pesawat, sehingga sebagian penumpang yang diturunkan dari pesawat naas itu pulang kerumah sendiri-sendiri.

"Kita hanya diberi nasi kotak, setelah diturunkan dari pesawat naas dengan kendaraan angkutan di Bandara," kata Budiman yang mengaku ke Jakarta untuk merayakan Natal serta memeriksa kesehatannya.

Diakuinya, pada kondisi sekarang ini, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, karena dari Merpati sendiri belum ada ketentuan dibatalkan atau ditunda dan kapan akan diberangkatkan.

Kepala Merpati Cabang Jambi, Drs Agus Longdong ketika dihubungi tidak berada di tempat, namun stafnya Siswara, membenarkan kondisi pesawat amblas namun keterangan selengkapnya belum diketahui.

Begitu juga dengan staf Merpati yang berada di bandara Jambi, sama sekali melakukan aksi tutup mulut, dan tidak bersedia berkomentar tentang musibah pesawat amblas itu, apakah disebabkan kelalaian pilot, kondisi pesawat yang kurang baik, atau kondisi Bandara yang sudah tidak layak pakai. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer