spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
EKONOMI
spacer
 
Kekayaan Alam
Di Laut Kita…Rugi Besar

Padang, 24 Desember 2001 15:05
Menteri Perikanan dan Kelautan, Dr Ir Rochmin Damhuri, M.Sc mengatakan, bangsa Indonesia mengalami kerugian mencapai empat milyar dolar AS setiap tahunnya akibat masih lemahnya pengawasan dan pengamanan serta pengolahan potensi kekayaan laut Indonesia.

"Kerugian teersebut bisa dalam bentuk pencurian hasil laut dan kerusakan lingkungan serta belum maksimal mengolah dan memanfaatkan kekayaan laut," ujarnya di Padang, disela-sela Dialog Interaktif "Membangun Kelautan dan Perikanan Berbasis Nagari" di Padang, Sabtu.

Dialog tersebut diadakan Yayasan BANAgari Sumbar dalam mencari masukan-masukan untuk pelaksanaan pengolahan kekayaan laut Sumbar dalam masa pemerintahan Nagari.

Menurut Rochmin, tingkat pengawasan dan pengamanan laut dari upaya pencurian masih rendah dan hal tersebut harus ditingkatkan dengan kerjasama antara pemerintah pusat bersama pihak keamanan antara lain TNI AL, Kepolisian dan masyarakat.

Selain itu, penegakkan hukum yang masih lemah juga harus mendapat prioritas perhatian dari semua pihak baik di pusat maupun di daerah.

Sedangkan kelemahan dalam pemanfaatan sumber daya kelautan, perlu pemecahan yang dimulai dari masyarakat di daerah-daerah yang kemudian dikoordinasikan pada pihak terkait di daerah maupun ke pemerintah pusat.

"Masyarakat pesisir tentu yang lebih mengenal kondisi, potensi dan kendala dalam mengolah kekayaan laut di daerahnya masing-masing, karena itu program apa yang akan dilakukan ditentukan sendiri oleh masyarakat setempat," katanya.

Sedangkan pemerintah pusat akan memberi bantuan dan perannya setelah mengetahui program apa yang diinginkan dan ditetapkan setiap daerah.

Peran pemerintah pusat dalam hal ini, adalah peran penyediaan infrastruktur, informasi pasar, penggunaan teknologi, data perkembangan kondisi global dan penetapan aturan hukum.

Diharapkan adanya kombinasi pengolahan, pengawasan dan pengamanan kekayaan laut tersebut antara pusat dan daerah serta dengan pihak keamanan, kerugian yang dialami bangsa Indonesia di laut bisa diminimalkan, tambahnya. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer