spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
KTT Pemimpin Islam
KTT Pemimpin Muslim Dunia Keluarkan Deklarasi Jakarta

Jakarta, 22 Desember 2001 22:23
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Muslim Dunia, Sabtu sore ditutup di Jakarta dengan pembacaan "Deklarasi Jakarta" oleh Sisters Mucha Shim Q Arquiza dari Philiphina. Dalam "Deklarasi Jakarta" antara lain disebutkan bahwa Islam adalah agama perdamaian dan keadilan serta jalan hidup.

Selain itu, pengertian agama yang didefinisikan secara baik dari Qur`an dan Sunnah merupakan sumber untuk memecahkan tantangan setiap abad.

"Deklarasi Jakarta" dibagi dalam tiga bagian. Pertama, tentang agama dan spiritualitas. Kedua, mengenai tanggung jawab warga dalam sosial politik. Ketiga, mengenai hubungan internasional antar budaya dan kepercayaan.

KTT bertema "Islam and a Future World of Peace" itu dihadiri 150 pemimpin muslim dari 50 negara dan berlangsung di sebuah hotel di kawasan Kuningan Jakarta Selatan.

Selama KTT dibahas topik, yakni kemiskinan, moral spiritual, dan Hak Asasi Manusia (HAM), pendidikan, pembangunan, dialog antar budaya, agama dan kepercayaan, serta pembinaan umat dalam keluarga.

Turut menjadi pembicara dalam KTT tersebut antara lain mantan presiden RI Abdurrahman Wahid. Ia membuka KTT tersebut bersama Taj Hamad, Ketua Panitia Perencana KTT Pemimpin Muslim Dunia dan Akbar Muhammad yang mewakili Louis Farrakhan dari Nation of Islam serta Chung Hwan Kwak, Ketua Federasi Internasional Antar Agama untuk Penyatuan dan Perdamaian Dunia.

Panitia Penasihat Konferensi tersebut antara lain Abdurrahman Wahid (NU), Louis Farakhan (National of Islam), Imam Zaki Badawi (Muslim College London), Sulayman Nyang (Project Director Muslim in the American Public) dan Abdul Aziz Sachedina (Virginia University) yang juga penulis buku Islamic Roots of Democratic Pluralism). [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer