spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kesehatan Soeharto
Tim Dokter: Soeharto Telah Melewati Masa Krisis

Jakarta, 22 Desember 2001 22:20
“Kesehatan Mantan Presiden Soeharto bergantung pada perkembangan tiga hari ke depan, setelah pada Jumat (22/12) melewati masa kritis,” kata ahli internist Ary Haryanto di Jakarta, Sabtu, dalam jumpa pers tim dokter yang merawat mantan Presiden itu.

Menurut dia, jika dalam tiga hari (setelah Jumat (22/12) kondisi Soeharto stabil, atau tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka rehabilitasi semakin cepat.

"Kondisi yang tidak diinginkan itu antara lain terjadinya komplikasi organ-organ, karena kapasitas penerimaan Soeharto sudah terbatas," katanya.

Ahli penyakit paru Hadiarto Mangunnegoro, dalam jumpa pers yang sama, mengatakan, sekarang ini baru tim yang menyatakan bahwa Soeharto melewati masa kritis, tetapi tidak menyatakan bahwa hal itu merupakan kondisi aman yang akan berlangsung terus.

Dari segi pneumonia, katanya, jika dalam tiga kali delapan jam semua fungsi paru, seperti pernapasan dan sesaknya sudah membaik, maka akan dinyatakan bahwa kondisi Soeharto dalam keadaan stabil. "Kita sekarang mulai dengan suatu rehabilitasi dini," katanya.

Menurut Ary Haryanto, pneumonia punya dampak pada organ-organ yang lain, dan sekarang ini belum terjamin bahwa organ-organ yang sudah terganggu bisa kembali seperti sedia kala. "Dan itu yang diperjuangkan sekarang," katanya.

Menurut dia, dalam tiga hari ini perkembangan kesehatan Soeharto akan dipantau secara intensif, agar jika ada gangguan jangan sampai terlambat mengatasinya. "Sekarang ini fase rehabilitasi, di fase ini kita mengecek fungsi-fungsi organ yang lain," katanya.

Sedangkan mengenai keadaan otak Soeharto, dokter Joko Rahardjo, mengatakan, telah terjadi kelainan di tiga tempat yang menyebabkan tidak adanya kemampuan berkomunikasi. Menurut dia, akibat kelaian itu, Soeharto tidak dapat menangkap makna dari suatu pernyataan, dan hanya dapat mengerti kata-kata sederhana. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer