spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Pertemuan Malino
Menko Perekonomian Salut Pada Menko Kesra

Kendari, 21 Desember 2001 17:14
Menko Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti menyatakan lega atas hasil-hasil yang dicapai dalam perundingan perdamaian bertajuk "Pertemuan untuk Poso" di Malino Sulawesi Selatan, karena hal ini akan memberikan arti dan manfaat yang besar dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya di kawasan Sulawesi.

"Saya sangat lega dan berdo`a agar hasil-hasil pertemuan Malino itu betul-betul bisa diwujudkan setelah para delegasi yang telah menandatangani kesepakatan damai kembali ke daerah masing-masing," katanya kepada pers usai kunjungan kerja dua hari di Sulawesi Tengara, Jumat.

Menurut menteri, untuk memulihkan ekonomi nasional, ia telah menghimbau agar para pengusaha mengembalikan dana-dana yang telah diparkirnya di luar negeri agar bisa dimanfaatkan membiayai kegiatan dan program pembangunan ekonomi di dalam negeri.

Namun untuk menarik kembali dana-dana itu, penegakkan hukum dan ketertiban (law and order) harus sungguh-sungguh dibenahi. Namun dari dua aspek ini (law and order), aspek ketertiban (order) merupakan yang mendesak untuk dibenahi, bukan hanya ketertiban hidup bermasyarakat dan keamanan tetapi juga ketertiban adminstratif dan sistim politik.

Kepada para pengusaha, Menko Dorodjatun kembali meminta kesungguhan dan keseriusan mereka untuk menarik kembali dana-dana yang diparkir di luar negeri agar ada sumber dana yang memadai untuk membangkitkan perekonomian nasional dengan mengandalkan potensi dan kekuatan yang dimiliki bangsa sendiri.

"Kalau saya dan kabinet gotongroyong ini terus berusaha mencari bantuan melalui CGI dan IMF, sedangkan pelarian modal masih terus terjadi, ini sudah keterlaluan," ujarnya.

Pemerintah, kata menteri, sungguh-sungguh meminta kepedulian pemilik modal itu untuk segera menarik dana mereka yang ada di luar negeri karena sudah empat tahun bangsa ini menantikan hal itu karena semua rakyat tahun tahu betul betapa kenikmatan yang telah diraih oleh perusahaan-perusahaan besar selama orde baru, namun kemudian uangnya diparkir di luar negeri. “Ini tidak bisa terus-menerus begitu,” Katanya.

Khusus mengenai keberhasilan pertemuan Malino tersebut, Menko Dorodjatun menyatakan salut atas upaya yang dilakukan Menko Kesra Yusuf Kalla mempertemukan pihak-pihak yang bertikai dan berhasil mencapai kesepakatan damai.

Menko Dorodjatun mengingatkan seluruh masyarakat Sulawesi bahwa ke kawasan ini memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan ekonomi karena memiliki dua selat yang sangat strategis yakni selat Makassar dan Selat Wetar, serta berbagai jenis potensi sumber daya alam lainnya.

"Supaya anda tahu, selat Wetar merupakan satu-satunya selat di dunia yang bisa dilewati kapal selam yang membawa senjata nuklir tanpa muncul ke atar permukaan laut. Ini kekuatan yang sangat dahsyat yang harus dimanfaatkan untuk membangun Sulawesi di masa mendatang," ujarnya.

Untuk menggarap potensi itu, daerah-daerah di Sulawesi ini harus berlomba menarik investor, terutama dari mancanegara. Karena itu, penting sekali adanya jaminan keamanan dan ketertiban di kawasan ini," tambahnya. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer