spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Mudik
Tujuh Tewas Selama Lebaran di Sumatera Barat

Padang, 19 Desember 2001 20:12
Idul Fitri 1442 Hijriah yang berlangsung tenang dan biasa-biasa saja di Sumatera Barat diwarnai sejumlah kecelakaan lalu lintas yang menewaskan tujuh jiwa dan puluhan korban luka berat dan ringan, sebagian besar diantaranya hingga kini masih dirawat di beberapa rumah sakit.

Data yang diperoleh ANTARA dari Posko "Operasi Ketupat Singgalang 2001" di Mapolda Sumbar, Rabu, menunjukkan, kecelakaan tragis yang terjadi sejak H-4 hingga H+1 pada lebaran tahun ini masing-masing empat kecelakaan di Lubukbasung, dua di tepian Danau Singkarak dan satu lagi di Lembah Anai.

Kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa terjadi Selasa (18/12) di Air Dadok, Lubukbasung, Kabupaten Agam, (sekitar 120 kilometer Utara Kota Padang). Empat orang tewas di lokasi kejadian, sementara 19 orang lainnya mengalami luka serius dan 21 luka ringan dalam kecelakaan tragis itu.

Peristiwa maut di Lubukbasung itu menimpa sebuah truk terbuka yang membawa sekitar 100 orang penumpang. Truk dengan nomor polisi BA-8277-AM yang dikemudikan Pion (17) itu baru saja kembali dari beberapa objek pariwisata di Pariaman.
Melaju dengan kecepatan tinggi, di sebuah tikungan di Air Dadok truk oleng hingga terhempas ke badan jalan. Seluruh korban dilarikan ke rumah sakit Lubukbasung, empat diantaranya tidak sempat terselamatkan.

Para korban yang hanya mengalami luka ringan juga dilarikan ke rumah sakit, tapi langsung diperbolehkan pulang, sementara korban yang mengalami luka berat sampai berita ini diturunkan masih dalam perawatan.

Sementara pada H+1, Senin (17/12), sebuah kecelakaan yang juga merenggut korban jiwa juga terjadi di tepian Danau Singkarak, tepatnya di Taluak Indah, Tikalak, Kecamatan X Koto, Kabupaten Solok, yang menyebakan dua korban meninggal dunia.

Data di Mapolda Sumbar juga menunjukkan bahwa kecelakaan lalu-lintas juga terjadi di ruas jalan sempit dan rawan kecelakaan di Lembah Anai, Padangpanjang, pada H-4, Rabu (12/12), yang melibatkan bus AKDP bermerek dinding ANS dengan sebuah truk.

Bus ANS bernomor polisi BA-3037-LU dan bergerak laju dari Padang menuju Padangpanjang bertabrakan dengan truk yang datang dari arah berlawanan. Kedua kendaraan yang melaju kencang tak bisa lagi mengelak. Akibatnya, satu orang tewas dan 11 korban orang lainnya luka-luka dalam kejadian itu.

Dengan demikian, jumlah korban tewas sejak H-4 sampai H+1 di Sumatera Barat tercatat sebanyak tujuh orang, dengan luka berat dan ringan sebanyak 51 orang.

Lebih lengang

Sementara itu, suasana lebaran di Padang pada tahun ini lebih lengang, ditandai dengan arus mudik juga menurun tajam ketimbang lebaran tahun lalu.

Menurut Kepala Terminal Lintas Andalas Padang, Dasril, jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa terminal AKDP/AKAP itu turun hingga 50 persen pada Idul Fitri tahun ini.

"Mungkin karena itu suasana lebaran di daerah ini menjadi cukup tenang, sehingga dengan tanpa kesulitan kita bisa mengatur pemberangkatan penbumpang," katanya.

Data yang diperoleh dari bagian Administrasi Terminal Lintas Andalas menunjukkan, jumlah penumpang bus AKDP di terminal itu sejak 9 Desember sampai H+1 tercatat hanya sebanyak 317.660 orang, sementara yang memanfaatkan jasa bus AKAP sebanyak 46.219 orang. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer