spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Turis dan Bencana
Turis Denmark dan Swedia Tewas di Bali

Denpasar, 19 Desember 2001 15:46
DUA Turis asal Swedia dan Denmark meninggal dalam waktu yang bersamaan di tempat yang terpisah saat menikmati liburannya di Bali. "Kedua warga asing itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di kamar hotel di kawasan Sanur dan Renon Denpasar," kata Kepala Biro Jasa Antarbangsa, Gus Sumastra di Denpasar, Rabu.

Kedua turis asal Swedia dan Denmark hanya berselang sehari sejak ditemukannya dua jenazah warga negara Amerika dalam kondisi membusuk di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan wisata Kuta.

"Sebab-sebab kematian keempat warga negara asing seminggu terakhir saat menikmati liburan di Bali hingga kini belum diketahui secara pasti," ungkap Gus Sumastra.

Tiga jenazah warga asing itu hingga kini masih dititipkan di ruang pendingin kamar jenazah RSU Sanglah, karena satu jenazah lagi sudah dikremasi di Kuburan Mumbul Nusa Dua, hari Jumat (14/12).

Long Ren, pria berusia 59 tahun warga negara Swedia ditemukan meninggal di sebuah kamar hotel di kawasan Renon Denpasar pada hari Sabtu (14/12).

Dalam waktu yang bersamaan Orla Emil Jensen, 48 tahun warga negara Denmar juga ditemukan tidak bernyawa di sebuah kamar hotel di kawasan Sanur.

Warga negara Denmark dan Swedia yang mengalami nasib naas itu diduga meninggal akibat sakit, karena tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan pada tubuh kedua wisatawan itu.

Demikian pula pasangan Kelly Slapin (31) dan teman wanitanya Stacil Sweeney (24), keduanya warga negara Amerika hingga kini sebab-sebab kematiannya belum diketahui secara pasti.

Pihak Kepolisian dan rumah sakit setempat sudah melakukan otopsi terhadap dua dari empat mayat warga asing tersebut. Jika urusan pihak kepolisian sudah selesai, dua dari tiga jenazah warga asing tersebut selanjutnya dikremasi dan abunya dikirim kepada pihak keluarga.

Sedangkan jenazah Orla Emil Jensen akan dikirim ke Denmark, sesuai permintaan pihak keluarga, namun realisasinya masih menunggu persetujuan pihak asuransi yang menanggung seluruh biaya pengiriman.

Gus Sumastra menjelaskan, kedua jenazah terakhir warga negara Swedia dan Denmark tercatat sebagai musibah yang ke-54 dan ke-55 menimpa warga negara asing saat menikmati liburan di Pulau Dewata selama periode Januari hingga 19 Desember 2001.

Selain itu Biro Jasa Antarbangsa juga menangani lima jenazah wisatawan mancanegara lainnya yang meninggal di Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). “Namun proses penanganan jenazahnya dilakukan lewat Bali,” Kata Sumastra.

Sementara selama tahun 2000 menangani 63 jenazah turis yang meninggal akibat berbagai kasus, terdiri atas 57 jenazah dikirim langsung kepada pihak keluarga masing-masing dan enam jenazah lainnya dikremasi di Bali.

Pelancong asing tewas di Bali akibat berbagai kasus antara lain terseret arus saat mandi atau berenang di laut, korban kecelakaan lalu lintas, menderita penyakit yang dibawa sejak dari negara asalnya, korban narkoba, bunuh diri dan mati mendadak tanpa diketahui penyebabnya. [Dh, Ant]


printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer