spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Kalau Mentok Dengan Pemda Bekasi
Sutiyoso Mau Buang Sampah Jakarta Ke Jonggol

Sampah-iiihJakarta, 5 Desember 2001 17:19
GUBERNUR DKI Jakarta Sutiyoso kembali menyatakan kekecewaannya kepada Pemda Bekasi setelah tidak tercapai kompromi berkaitan dengan penampungan sampah di Bantar Gebang. "Jika Pemda Bekasi tidak mau berkompromi, maka yang rugi bukan hanya DKI saja tetapi juga Pemda Bekasi," kata Sutiyoso.

Karena, lanjut Gubernur Jakarta usai menerima bantuan tiga unit ambulan dari PT Jamsostek hari ini, diperlukan upaya perbaikan lingkungan yang membutuhkan dana tiga sampai empat milyar rupiah setahun.

"Jika Pemda Bekasi tetap melakukan penutupan pada Senin (10/12) maka Pemda DKI akan membuang sampahnya ke suatu tempat," kata Sutiyoso. Gubernur Jakarta tidak bersedia menyebutkan tempat pembuangan baru tersebut. Tapi ketika didesak apakah tempat baru tersebut berada di sekitar wilayah Jonggol, Sutiyoso mengangguk.

Ketika ditanyakan bahwa diperlukan dana sekitar Rp 30 milyar untuk mempersiapkan lahan pembuangan baru tersebut, ia menyatakan hal itu tidak masalah jika memang diperlukan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno berkaitan dengan rencana pembuangan sampah tersebut, ia menyatakan pihaknya tidak bisa menerima tuduhan dari Pemda Bekasi yang menginginkan 50 persen dari lahan Bantar Gebang itu menjadi milik Pemda Bekasi.

Pada bagian lain diingatkan bahwa berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah, maka masing-masing daerah harus saling mendukung. Menurut dia, daerah penyangga seperti Bekasi seharusnya memikirkan ibukota karena hubungan keduanya akan saling menguntungkan.

Sementara itu Direktur Utama PT Jamsostek A Djunaidi menyatakan pihaknya memperhatikan kesejahteraan pekerja termasuk diantaranya memberikan pelayanan maksimal di bidang jaminan pelayanan kesehatan.

PT Jamsostek menyerahkan bantuan tiga unit ambulan dengan masing-masing senilai Rp 149 juta. Tahun sebelumnya BUMN tersebut juga sudah menyerahkan sumbangan dua unit ambulan lainnya kepada Pemda DKI sehingga total sumbangan yang telah diserahkan lima unit.

Dana penyediaan bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama antara PT Jamsostek dengan Pemda DKI melalui Surat Keputusan Gubernur tentang pelaksanaan jaminan sosial tenaga kerja bagi pekerja di sektor konstruksi.

Melalui kerjasama tersebut telah terhimpun dana Rp 90 milyar dan 60 persen diantaranya sudah dibayarkan untuk pembayaran klaim-klaim. Sementara sisanya kini disimpan di BPD DKI. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer