spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Dua Orang Bandung
Pemasok Senjata GAM Diancam 12 Tahun

Bandung, 5 Desember 2001 15:01
Dua orang asal Bandung yang diduga menjadi pemasok senjata untuk 'Gerakan Aceh Merdeka' (GAM), diancam hukuman 12 tahun penjara dalam persidangan di Pengadilan Negeri Bandung, hari ini. Kedua terdakwa yang diduga kuat mempunyai 'jaringan' pasokan senjata Bandung-Aceh itu adalah Rojali (24) asal Menasah Gedong, Breh, Aceh dan Cut Fitri (27) yang ditangkap di dua tempat terpisah oleh jajaran Polda Jabar.

Dalam persidangan yang diketuai Hakim Sugiarti SH tersebut terungkap terdakwa Rojali yang ditangkap pada Agustus 2001 di Kelurahan Isola, Lembang itu kedapatan menyimpan senjata api jenis FN kaliber 38mm dengan 80 butir pelurunya, pakaian seragam TNI, sepatu lars panjang dan helm anti serangan biologis.

Pemuda yang sudah lama tinggal di rumah calon mertuanya, Nano Suyatno (47) di Kampung Cilauteureun, Kelurahan Isola tersebut, tidak bisa mengelak saat petugas yang sudah lama mengintainya menemukan barang bukti senjata, peluru dan diperkuat dengan keberadaan sebuah bendera GAM di tempat itu.

Namun dalam pengakuannya, pemuda yang biasa berdagang pakaian ke Batam tersebut menyimpan senjata api sebagai jaminan atas uang yang dipinjam oleh rekanannya, Budi. Sementara itu di ruangan persidangan yang terpisah, Cut Fitri juga dipersalahkan membantu gerakan GAM, karena bersama suaminya memasok senjata untuk seseorang di Aceh.

Wanita beranak satu yang biasa berjualan 'nasi bebek' di Pasar Caringin tersebut diciduk petugas di Jl Kiaracondong,
tepat di depan lokasi tertangkapnya Ibrahim (45), seseorang yang menjadi pemasok senjata untuk GAM setahun lalu.

Mendengar ancaman hukuman itu, Cut Fitri tidak tahu apa yang harus ia perbuat, karena sejak awal penyidikan dan persidangan ia tidak didampingi pembela.

"Kami menyarankan terdakwa (Cut Fitri) didampingi pembela, dan kami akan menyediakannya atas biaya negara," ujar Hakim Sugiarti. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer